12 Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif Agar Bisnis Banjir Orderan

Jejakindo.comStrategi pemasaran berguna untuk mempermudah proses promosi produk dan jasa. Perusahaan juga dapat dengan cepat menarik konsumen yang ditargetkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis di masa depan.

Setiap strategi memiliki manfaat yang berbeda. Jadi, ada berbagai jenis strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui dengan baik agar lebih efektif ketika diterapkan pada sebuah bisnis.

Apa Maksud dari strategi pemasaran?

Sebelum mempelajari tentang macam-macam strategi pemasaran, Anda perlu mengetahui pengertian dari strategi pemasaran atau sering juga disebut dengan strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah keseluruhan upaya bisnis untuk menarik pelanggan sasaran yang dianggap potensial dan kemudian mengubahnya menjadi pelanggan tetap untuk layanan atau produk bisnis.

Marketing strategy  vs  Marketing plan

Terlepas dari strategi pemasaran atau marketing strategy,, Anda mungkin juga menemukan istilah rencana pemasaran atau Marketing plan.

Lantas apa bendanya ?

Rencana pemasaran merupakan bagian dari strategi pemasaran, yang mencakup dokumen rinci tentang kegiatan pemasaran dan berisi jadwal inisiatif pemasaran yang akan dilaksanakan.

Idealnya, strategi pemasaran harus bersifat jangka panjang dibandingkan dengan rencana pemasaran. Hal ini karena strategi pemasaran mencakup gambaran besar pesan yang ingin disampaikan, sedangkan rencana pemasaran menggambarkan secara rinci kebutuhan untuk mengimplementasikan strategi yang ada.

Untuk dapat memilih strategi pemasaran yang paling efektif, perusahaan harus memperhatikan aspek terpenting yang mendukung usahanya. Beberapa produk mungkin perlu dijual secara tradisional, tetapi ada juga produk yang lebih efektif secara digital.

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

Untuk dapat memilih strategi pemasaran yang paling efektif, perusahaan harus memperhatikan aspek terpenting yang mendukung usahanya. Beberapa produk mungkin perlu dijual secara tradisional, tetapi ada juga produk yang lebih efektif secara digital.

Berikut beberapa jenis strategi pemasaran yang paling efektif dan sering digunakan :

1. Pemasaran Media Sosial

Saat ini, lebih dari 2,8 miliar orang aktif menggunakan jejaring sosial. Pemasaran media sosial juga mudah digunakan, hemat biaya, dan dapat menargetkan banyak target, sehingga strategi ini dapat diterapkan oleh perusahaan yang berbeda.

Pemasaran media sosial berfokus pada penggunaan situs atau aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dll. Mengingat cakupannya yang luas, perusahaan dapat membangun merek dalam waktu singkat.

2.Iklan berbayar

Dalam iklan berbayar, sebuah perusahaan membayar penyedia ruang iklan untuk menampilkan produk mereka di ruang tersebut. Harga yang dibayarkan biasanya ditentukan melalui negosiasi antara pemasar dengan penyedia ruang iklan.

Iklan berbayar terdiri dari beberapa kategori antara lain iklan display atau banner, pay per impression (PPI), dan pay per click (PPC). Cara ini sangat efektif bagi perusahaan yang ingin menunjukkan namanya kepada khalayak luas.

3. Pemasaran Transaksional

Salah satu tantangan terbesar yang bahkan dihadapi perusahaan terbesar adalah memenuhi target penjualan. Namun, memiliki strategi pemasaran transaksional ternyata cukup efektif untuk mengatasi masalah ini.

Perusahaan yang menggunakan strategi ini dapat menarik konsumen melalui kupon belanja, diskon, promosi, dan acara besar. Akhirnya, konsumen tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.

4. Pemasaran Konten

Jenis strategi pemasaran selanjutnya adalah pemasaran konten. Strategi ini berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk melibatkan konsumen.

Alih-alih membuat penawaran langsung, perusahaan justru memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen untuk tertarik pada suatu produk.

Pemasaran melalui konten dapat digunakan oleh perusahaan kecil maupun besar. Agar konten yang dibuat berkualitas tinggi dan mampu membangkitkan minat konsumen, perusahaan harus memiliki pembuat konten yang kompeten.

5. Pemasaran Interaktif

Strategi pemasaran interaktif melibatkan partisipasi konsumen dalam proses pemasaran itu sendiri. Misalnya, perusahaan dapat menyertakan nama konsumen atau pengaturan lain untuk produk edisi terbatas.

Metode ini memungkinkan konsumen untuk menerima informasi terbaru tentang suatu produk atau layanan. Dengan demikian, permintaan konsumen terhadap produk atau jasa tersebut akan meningkat.

6. Earned media (public relation)

Earned media adalah publikasi yang dapat diperoleh melalui berbagai cara, yang umumnya sederhana, seperti; review media sosial, word of mouth atau yang biasa disebut dengan word of mouth, product talk di televisi atau radio, dan lain sebagainya.

Yang perlu Anda tekankan, Earned media adalah media yang diperoleh secara gratis atau organik. Oleh karena itu, media yang diperoleh juga bisa disebut “media free”.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses mendapatkan lalu lintas dari hasil mesin pencari organik, editorial, atau gratis. Strategi ini erat kaitannya dengan pemasaran konten, bahkan membantu untuk menentukan apakah konten itu bisa disebut berkualitas.

Konten yang ramah SEO akan menempati peringkat teratas hasil pencarian.

Jika konten tumbuh dengan cepat, perusahaan akan mendapatkan lalu lintas yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness sehingga jumlah konsumen juga akan meningkat.

8. Telemarketing

Jenis strategi pemasaran ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, meskipun beberapa perusahaan masih menganggap Telemarketing termasuk jenis strategi yang sangat efektif.

Pemasaran ini menggunakan metode pemasaran langsung dimana penjual menawarkan produk atau jasa melalui telepon atau web conference sesuai dengan kesepakatan dengan calon pembeli.

Contoh strategi pemasaran telemarketing adalah menawarkan kartu kredit kepada pelanggan, atau ketika vendor telekomunikasi menawarkan layanan kartu SIM pascabayar.

9. Inbound marketing

Inbound marketing adalah strategi bisnis untuk melibatkan konsumen dengan menciptakan konten yang berharga dan pengalaman yang dipersonalisasi bagi konsumen.

Metode inbound marketing adalah mengembangkan bisnis dengan membangun hubungan baik jangka panjang dengan konsumen, calon pembeli dan pelanggan. Dengan demikian, produk dan layanan akan menemani konsumen dalam setiap perjalanannya.

Untuk strategi inbound marketing, pesan yang disampaikan kepada konsumen sangat penting karena harus relevan dan relevan. Berbeda dengan strategi pemasaran yang cenderung membosankan dan mengganggu konsumen.

10. Program referral

Anda mungkin sudah sering mendengar atau menggunakan strategi pemasaran ini. Program referral merupakan strategi yang sangat membutuhkan peran konsumen dan calon konsumen. Artinya, mendorong mereka untuk memberi tahu orang lain tentang produk atau layanan tertentu.

Banyak perusahaan besar yang berhasil menerapkan strategi pemasaran ini, seperti Airbnb, sebuah perusahaan rental. Startup ini telah berhasil meningkatkan pemesanan sebesar 25% dan terus meningkat sebesar 300% di versi 2.0 aplikasi.

11. Conversational marketing

Seperti namanya, Conversational marketing adalah strategi pemasaran berdasarkan percakapan. Percakapan berlangsung secara real time melalui berbagai media seperti chatbots atau chat.

Dengan strategi ini, konsumen atau calon pelanggan bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara langsung, mengajukan pertanyaan, dan menyelesaikan transaksi dengan cepat.

Pemasaran percakapan akan sangat efektif, terutama untuk bisnis B2C, karena akan meningkatkan pengalaman bisnis pelanggan dan juga dapat membuat konsumen tetap antre untuk membeli.

12. Email Marketing

Email Marketing adalah prosedur yang dilakukan oleh pemasar untuk mencapai tujuan pemasaran dengan mengirimkan iklan email ke beberapa pelanggan atau audiens yang menjadi target bisnis.

Meskipun cukup efektif, Anda harus memperhatikan strategi yang tepat dalam email marketing. Pasalnya, dengan headline dan konten yang tidak menarik, dan jika dikirim terlalu sering, email marketing Anda tidak akan dibuka, di-spam, atau bahkan dihapus oleh target audiens.

Berbagai jenis email marketing biasa digunakan dalam strategi pemasaran seperti email newsletter, email press release, dan email transaksional.

Demikian Pembahasan tentang Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif . Semoga bermanfaat !