13  Aplikasi Untuk Membuat Animasi Di Android Dengan Berbagai Fitur Keren

Jejak Indo – Membuat gambar animasi bukan lagi tugas yang sulit di zaman yang serba canggih ini atau di era digital ini. Dulu, jika ingin membuat animasi, dibutuhkan berbagai perangkat dengan software pendukung. Tetapi sekarang dengan bantuan ponsel cerdas Anda, Anda dapat dengan mudah membuat berbagai jenis animasi.

Apakah Anda memiliki banyak waktu luang dan menikmati hal-hal seperti menggambar, melukis, dan sejenisnya? Nah, tidak ada salahnya jika Anda tertarik untuk membuat video animasi sendiri.

Umumnya, membuat video animasi biasanya dilakukan dengan perangkat lunak di perangkat desktop. Namun mengikuti perkembangan zaman, kini Anda bisa membuat video animasi keren dan lucu melalui smartphone Android Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat membuat animasi di Android Anda. Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi dari PlayStore secara gratis.

Apa saja Aplikasi untuk membuat video animasi untuk android ??

 

Berikut 13  aplikasi untuk membuat animasi unik dengan berbagai fitur keren :

 

1. PicsArt Animator: GIF & Video

Sukses dengan aplikasi edit foto yang dibuatnya, developer di balik aplikasi PicsArt kini telah berhasil membuat aplikasi bernama PicsArt Animator yang memungkinkan Anda membuat video dan kartun animasi sederhana.

Dilengkapi dengan fitur animasi seperti duplikasi frame dan tools yang lengkap dan mudah digunakan, aplikasi ini tidak memerlukan keahlian khusus. Artinya, anda yang masih pemula dalam pembuatan video animasi bisa dengan mudah membuat karya keren dari aplikasi ini.

Dengan aplikasi PicsArt ini, Anda dapat melakukan banyak hal: membuat video selfie animasi, membuat stiker animasi dengan gerakan khusus, membuat emoji Anda sendiri, dan banyak lagi.

 

2. Flipaclip: Animasi Kartun

Aplikasi yang tak kalah kerennya untuk membuat video animasi di Android adalah FlipaClip. Dengan aplikasi Visual Blasters LLC, Anda dapat membuat animasi kartun menggunakan langkah-langkah bingkai demi bingkai.

Cara kerja dan hasilnya bisa sangat mirip dengan kreasi animasi di Flip Book. Namun, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap, termasuk pengatur waktu animasi, lapisan bawang, manajemen bingkai, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang memiliki Samsung Galaxy Note dan sejenisnya, aplikasi ini mendukung penggunaan Samsung Pen yang biasa digunakan pada perangkat yang dilengkapi dengan stylus. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat video animasi di smartphone atau tablet Android Anda.

 

3. Pixel Studio

Salah satu cara paling menarik dan menyenangkan untuk mengekspresikan diri adalah melalui seni. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengekspresikannya yaitu menggambar kartun dengan berbagai alat yang telah disediakan. Dengan aplikasi ini Anda dapat menggambar karakter apa pun yang Anda suka.

Fitur utama aplikasi ini:

  • dapat membuat animasi yang halus berdasarkan keyframe
  • perpustakaan dengan berbagai karakter dan item
  • karakter konstruktor (Anda dapat membuat item dari awal atau menggunakan templat)
  • suarakan kartun atau tambahkan musik
  • ekspor dan bagikan file video (format mp4)
  • Anda juga dapat mengonversi pekerjaan Anda menjadi video sehingga Anda dapat menontonnya secara offline.

4. Stick Fighter

Buat flipbook animasi dengan antarmuka sederhana. Stick Fighter memungkinkan Anda membuat animasi bingkai demi bingkai bergaya flipbook dengan antarmuka layar sentuh yang sederhana.

Dengan aplikasi pembuat animasi untuk Android ini, Anda dapat membuat karakter seperti stickman menjadi animasi yang terlihat bagus sesuai dengan gaya dan keinginan Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat video animasi dengan tema aksi dalam video, yang akan menampilkan karakter dalam adegan pertempuran menggunakan pedang, kapak, busur, panah, dan sebagainya. Anda juga dapat mengubah ukuran dan warna objek, Anda dapat menyimpannya dan melihatnya lagi. Anda bahkan dapat berbagi animasi dengan orang lain.

 

5. PicPac Stop Motion & TimeLapse

Siapa yang tidak tahu teknik animasi Stop Motion? Ya, teknik animasi di mana kita membuat objek yang dimanipulasi secara fisik sehingga mereka bergerak sendiri.

Sekarang dengan aplikasi bernama PicPac Stop Motion & TimeLapse ini Anda dapat membuat video animasi stop motion keren menggunakan foto dari galeri atau langsung mengabadikannya melalui kamera dengan fitur yang tersedia.

Menariknya, kamu bisa menambahkan musik ke video Stop Motion yang kamu buat agar lebih keren. Hasil video yang Anda buat bisa langsung disimpan sebagai 360p nantinya.

Jika Anda menginginkan kualitas video yang lebih baik seperti video 480p, 720p, atau 1080p, Anda perlu meningkatkan ke versi Pro dari aplikasi. Selain dapat memilih kualitas video yang diinginkan, versi Pro juga memungkinkan Anda menghilangkan watermark sehingga tidak mengganggu pengalaman menonton Anda.

 

6. Stick Nodes

Aplikasi animasi stickman yang kuat yang dirancang khusus untuk perangkat seluler. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat film figur tongkat mereka sendiri dan bahkan mengekspornya sebagai video GIF animasi Mp4.

Fitur utama aplikasi ini:

  • Bingkai otomatis – animasi langsung membuat animasi menjadi halus
  • tambahkan efek suara ke animasi untuk membuat film yang bagus
  • kamera virtual untuk memindahkan gambar dan memperbesar untuk membuat animasi yang sistematis
  • berbagai bentuk, warna/skala berdasarkan segmen
  • warna gradien membuat animasi lebih realistis
  • teks dalam bingkai
  • ribuan desain tersedia secara gratis
  • bersih, antarmuka yang ramah seluler dan sebagainya.

7. Stickman Animator

Apakah terlalu sulit untuk membuat video animasi dari aplikasi sebelumnya? Mungkin Stickman Animator adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan antarmuka dan fitur yang sederhana, aplikasi pembuat video animasi Android ini cocok untuk pemula karena mudah digunakan.

Selain dapat membuat video animasi manusia berjalan, Anda juga dapat membuat objek animasi bergerak lainnya seperti anjing berjalan, senjata saat menembak peluru, dan lain sebagainya.

8. Animate it!

beberapa aplikasi video animasi sebelumnya hanya menggambarkan objek 2D, berbeda dengan aplikasi bernama Anime it! yang memungkinkan Anda membuat video animasi keren dalam format 3D atau 3D.

Pihak developer telah menyediakan berbagai jenis karakter yang bisa kamu pilih nantinya. Nah, kamu tinggal memilih karakter dan memadukannya dengan item lain seperti topi, boneka dan lain sebagainya.

Setelah objek yang Anda buat siap, Anda dapat membuat video animasi dari objek yang Anda buat hingga 32 frame. Oh ya, Anda juga dapat meninjau dan mengeditnya segera jika Anda masih tidak puas dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan. Penasaran bukan?

 

9. Toontastic 3D

Aplikasi adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menggambar, menghidupkan, dan menceritakan kartun Anda sendiri. Dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu memindahkan karakter di sekitar layar, menceritakan sebuah kisah, dan Toontastic akan merekam suara dan animasi dan menyimpannya ke perangkat Anda sebagai video 3D.

Fitur utama aplikasi ini:

  • buat karakter Anda sendiri dengan alat menggambar 3D
  • campur soundtrack dengan pilihan lagu default
  • gunakan foto pilihan Anda untuk membuat karakter berwarna khusus
  • lab yang penuh dengan kumpulan karakter, cerita, dan latar
  • narasi animasi tersedia dalam tiga alur cerita

10. Animation Desk

Animation Desk adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat video animasi di Android dan hadir dengan set fitur yang cukup lengkap. Sebelum itu, kamu harus menggambar dulu objek yang ingin kamu animasikan, seperti orang, binatang, dan lain-lain.

Menariknya, dalam aplikasi ini, alat yang disediakan hampir sama dengan alat yang digunakan untuk menggambar atau melukis. Diantaranya adalah pensil, krayon, pulpen, tiga jenis kuas dan penghapus.

Setelah sketsa objek yang Anda buat selesai, yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan bingkai objek sesuai keinginan. Oh iya, frame ratenya bisa diatur dari 3 fps hingga 24 fps (frame per second).

 

11. Draw Cartoons 2

Melalui aplikasi Draw Cartoons 2, Anda dapat membuat seni sederhana dengan menggambar terlebih dahulu menggunakan alat yang tersedia. Selain dapat membuat semua aspek kartun, Anda juga dapat menggambar berbagai jenis karakter yang Anda sukai.

Anda kemudian dapat langsung mengonversi kreasi Anda menjadi video untuk ditonton secara offline dan membagikannya di jejaring sosial favorit Anda.

 

12. Animate Free

Buat sketsa animasi dan pose manekin dengan mudah di tablet atau ponsel cerdas Anda. Aplikasi yang sangat berguna untuk animator, profesional, pengembang game, storyboard, dan pecinta animasi.

Fitur Utama Aplikasi ini :

  • buat, edit, dan buka berisi informasi tentang karakter, daftar klip, dan bangunan.
  • buat klip animasi dan edit (hingga 32 bingkai utama per klip, hingga 20 file)
  • reset, salin dan tempel pose, mirroring
  • berbagai properti
  • tambahan skin khusus
  • alat Ghost Frame

12. RoughAnimator – animator app

Aplikasi menggambar tangan bebas animasi berfitur lengkap untuk Android. Cukup kuat untuk profesional dan cukup sederhana untuk pemula.

Fitur Utama Aplikasi ini :

  • timeline dengan lapisan tanpa batas dan panjang ekposure yang mudah disesuaikan dari gambar, untuk pose-to-pose atau animasi langsung
  • pratinjau pemutaran
  • impor audio untuk lip syncing
  • impor video untuk animasi rotoscoping
  • berbagai jenis kuas khusus
  • onion skinning

Namun, aplikasi ini berbayar, Anda bisa mendapatkan semua fitur yang ditawarkan dengan pra-berlangganan.

 

13. Anime Maker

Aplikasi terakhir yang dapat Anda pilih untuk membuat animasi adalah Anime Maker. Ini adalah aplikasi yang dapat membuat dan berbagi animasi seperti flipbook.

Animasi dapat diunggah ke situs web dan dipublikasikan di seluruh dunia. Anda dapat mengobrol dengan pengguna lain melalui kolom komentar.

Fitur Utama Aplikasi ini :

  • gambar via sentuh
  • kamu bisa membuat animasi flipbook
  • pilih lebar kuas
  • pilih warna kuas
  • batalkan, hapus, sesuaikan kecepatan animasi
  • menambahkan, menghapus, menggandakan, dan membuat daftar bingkai anime
    menyimpan dan memuat animasi.

Nah, itulah deretan aplikasi pembuat video animasi terbaik untuk Android yang memungkinkan kamu untuk membuat video animasi lucu dan keren baik dalam format 2D maupun 3D.

Oh ya, semua aplikasi pembuat video animasi untuk android di atas bisa kamu download secara gratis. Namun beberapa di antaranya bisa diupgrade ke versi Pro atau berbayar jika membutuhkan fitur yang lebih lengkap.