20 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Jejak Indo  – 20 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal – Di Zaman yang semakin canggih, dan Internet adalah salah satu buktinya. Berkat internet, kita menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang, tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Jadi, dengan adanya internet, kita bisa melihat banyak peluang bisnis, baik itu menawarkan jasa maupun menjual produk.

Apa saja ide bisnis yang menguntungkan dan peluang bisnis online di tahun ini ?

Simak selengkapnya di sini.

20 Peluang Bisnis Online Terbaru

1. Youtuber

Youtube adalah situs berbagi video paling populer. Situs ini membayar kreatornya setiap bulan.

gunakan kesempatan emas ini untuk menjadi konten kreator atau pembuat konten YouTube. Mulailah dengan membuat konten yang Anda sukai.

Namun Anda juga butuh kesabaran karena penghasilan Youtube juga butuh proses dan tidak bisa didapatkan secara langsung.

Tapi jangan khawatir, meskipun proses menghasilkan uang di Youtube itu lumayan  lama, saat ini Youtube menjadi salah satu sarana mencari uang secara online yang cukup menggiurkan.

Intinya adalah Anda harus selalu konsisten dalam pembuatan konten Anda, dan lebih baik lagi jika konten yang Anda buat adalah karya asli Anda sendiri.

2. Freelancer

Siapapun bisa menjadi freelancer, baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan, atau ibu rumah tangga.

Temukan pekerjaan di bidang yang Anda sukai. Daftar di situs freelance seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fiverr dan masih banyak lagi.
Berbagai jenis pekerjaan tersedia, seperti menulis artikel, membuat desain, entri data, dan lainnya.

Namun tetap perhatikan dan sesuaikan dengan skill yang kamu miliki, jangan asal mengerjakan project yang nantinya tidak bisa kamu kerjakan.

Freelancing juga bisa dikategorikan sebagai peluang bisnis jasa tanpa modal.

3. Bisnis Afiliasi

Bisnis affiliasi ini juga termasuk salah satu peluang bisnis online yang cukup menjanjikan. Anda bisa melakukan pekerjaan ini dengan tanpa modal sepersen pun.

Tugas Anda adalah mengundang seseorang untuk memberi Anda produk yang Anda tawarkan. Produk ini milik orang lain dan bukan milik Anda.

Banyak produk kursus online sekarang menggunakan sistem afiliasi.

Anda akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk komisi jika Anda berhasil mengajak orang membeli produk yang Anda tawarkan.

4. fotografi

Hobby di bidang fotografi juga dapat menambah pundi pundi ke uangan anda. Caranya adalah dengan menjual foto Anda di situs microstock seperti Shutterstock.

Situs ini menerima foto dari fotografer atau kreator kemudian menjualnya ke konsumen. Produk yang dijual di sini tidak eksklusif, sehingga banyak orang dapat membeli berkali-kali.

Jika Anda berhasil mengunggah foto yang tepat, Anda bisa mendapatkan uang dari Shutterstock setiap bulan tanpa harus bekerja.

Selain berjualan foto di situs microstock, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis fotografi Anda.

Unggah hasil gambar Anda ke jejaring sosial seperti Instagram sebagai portofolio layanan fotografi yang Anda tawarkan.

Jika ini bagus, ada kemungkinan klien selanjutnya akan menggunakan layanan Anda.

5. Website Builder

Apakah Anda memiliki pengalaman membuat situs web? Manfaatkan keterampilan Anda untuk meningkatkan penghasilan Anda. Banyak sekali  perusahaan mencari ahli ahli web untuk membuat situs web untuk perusahaan mereka.

Anda bisa mendapatkan proyek untuk membangun website melalui situs seperti Projects.co.id. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan layanan melalui jejaring sosial.

Presentasikan portofolio Anda dalam bentuk desain situs web yang telah Anda kerjakan untuk lebih meyakinkan calon klien.

6. Online Shop

Produk produk  fashion selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa menjual salah satu barang yang paling banyak dicari, seperti syal, celana panjang, dan gamis.

Menjual barang secara online memberi Anda keuntungan lebih besar karena Anda tidak perlu menyewa tempat.

Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan Toko Online populer seperti Shopee, BukaLapak Lazada, dan Tokopedia. Semua transaksi akan tercatat secara otomatis dan lebih terorganisir.

Bisnis Toko online ini cukup menggiurkan dan bisa menjadi peluang bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga. Karena dengan toko online ini, para ibu juga bisa menjual produk rumahnya secara online.

7. Pengembang Software

Bisnis pengembangan software  sedang booming karena meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Jika Anda memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, jangan lewatkan kesempatan ini.

Anda bisa melakukan pekerjaan ini dengan cara freelance atau bergabung dengan beberapa perusahaan start-up. Penghasilan yang Anda terima dari satu perangkat lunak dapat mencapai ratusan bahkan sampai ribuan dolar. Menarik bukan?

8. Menjual Plugin dan Template

WordPress adalah situs web open source yang dapat dimodifikasi. Umumnya orang menambahkan plugin untuk meningkatkan pendapatannya.

Jika Anda memiliki sklill untuk membuat plugin dan template wordpress,blogger dll, Anda dapat menjualnya di berbagai marketplace untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Plugin yang sudah Anda buat dapat Anda unggah ke situs situs yang menjual plugin. Harga untuk satu plugin berkisar dari $13 hingga $55.

9. Blogger

Pengembangan blog masih menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan tahun ini. Namun Anda harus selalu memperhatikan perkembangan teknologi SEO agar tetap bertahan.

Pendapatan utama blogger di dapatkan dari PPC, contohnya adalah Google AdSense yang dapat anda tarik setiap bulan.

Anda bisa mendapatkan lebih banyak income  jika Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda.

Kunci sukses seorang blogger adalah selalu menyediakan konten yang menarik, berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi pengguna internet.

Bisa juga dikatakan menjadi seorang blogger merupakan salah satu ide bisnis bagi mahasiswa karena hanya dengan sebuah laptop dan koneksi internet anda bisa menjadi seorang blogger.

10. Jasa Copywriter

Bisakah kamu membuat kata-kata yang menarik? Jika ya, maka bisnis copywriting mungkin cocok untuk Anda.

Seorang copywriter dibayar untuk menulis kata-kata kreatif yang membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Untuk menjadi copywriter yang hebat, Anda perlu menulis lebih banyak. Anda dapat berlatih blogging sebelum melamar posisi copywriter di sebuah perusahaan.

11. Menjual E-Book

Bisnis jenis penulisan digital ini  terus berkembang. Bisnis terbaru di bidang penulisan ini adalah dengan mejual e-book.

Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang hobi menulis tentang berbagai bidang. Unggah karya Anda ke situs penjualan eBook.

Setelah disetujui, eBook Anda akan di-host di sana dan dibeli oleh konsumen.

Anda akan menerima dari 30% hingga 45% bagian dari setiap e-book yang terjual .

12. Penerjemah

Jika Anda fasih berbahasa asing, Anda bisa terjun ke bisnis penerjemahan. Pengguna jasa penerjemahan adalah perusahaan, pelajar dan masyarakat umum.

Ada juga dokumen yang biasanya dikerjakan oleh penerjemah, antara lain dokumen penting, artikel jurnal, proposal, dan manuskrip lainnya.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan di situs web freelance. Biaya untuk penerjemah bermacam macam tergantung pada jenis dokumen yang diterjemahkan.

13. Jualan Pulsa

Kredit merupakan kebutuhan pokok masyarakat di era digital. Bisnis ini bisa juga  Anda bangun dengan moda yang cukup kecil.

Tidak perlu membuka toko, Anda juga bisa mulai berjualan secara kredit secara online. Caranya adalah dengan mendaftar ke penyedia jaringan pembayaran.

Anda tidak hanya dapat melayani pinjaman, tetapi juga pembayaran untuk berlangganan Internet, pembayaran listrik, dan pembayaran lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk jualan pulsa ini  lebih kurang satu juta rupiah.

Apakah Anda ingin memulai bisnis penjualan impulsif? Anda dapat melihat tips untuk memulai bisnis penjualan pinjaman

14. Jasa Konsultasi

Anda tidak perlu lagi bekerja di kantor untuk menjadi konsultan. Anda dapat melakukan ini dari rumah dengan menawarkan layanan konsultasi online.

Buka layanan konsultasi sesuai bidang yang Anda kuasai. Konsultasi dapat dilakukan melalui video call, misalnya menggunakan aplikasi seperti Zoom.

Anda dapat mendiskusikan biaya konsultasi dengan klien. Anda juga dapat menemukan informasi tentang biaya konsultasi di forum online.

Jasa pembuatan follower media sosial banyak diminati oleh perusahaan atau bisnis yang baru memulai.

Anda dapat menawarkan layanan ini dengan pengetahuan yang bisa Anda dapatkan dari internet. Belajar dan berlatih dengan biaya sendiri sebelum menawarkan layanan kepada masyarakat umum.

15. Reseller / Dropshipper

Jika Anda bertanya, apakah ada bisnis online yang tidak membutuhkan modal?

Menjadi reseller atau dropshipper adalah jawaban yang tepat. Sistem bisnis reseller pada dasarnyadalah Anda menjual produk, tetapi Anda tidak harus memiliki stok.

Jika ada pesanan, Anda hanya perlu menghubungi supplier dan nantinya supplier akan langsung mengirimkannya ke pembeli.

16. Jasa SEO

Jika Anda memiliki kemampuan optimasi website atau yang biasa dikenal dengan SEO, Anda bisa menawarkan jasa Anda.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, mengingat saat ini banyak para pebisnis yang menjual produknya melalui website.

Gunakan cara yang baik untuk mengoptimalkan situs klien Anda, jangan menggunakan metode pengoptimalan situs web yang curang.

17. Selebgram

Instagram adalah salah satu media sosial yang populer, sudah banyak pengguna yang sudah mendapatkan uang tambahan dari Instagram.

Beberapa dari mereka menyediakan konten menarik yang meningkatkan keterlibatan pengikut dan akun mereka.

Akhirnya mereka disetujui, dari sanalah mereka mendapatkan uang.

18. Jasa Penulis Artikel

Menurut survei, 89% perusahaan startup menggunakan konten untuk mempresentasikan produk mereka. Salah satu jenis konten yang banyak diminati saat ini adalah artikel.

Bagi Anda yang memiliki modal, Anda bisa mendirikan agensi menulis, Anda bisa mengumpulkan orang-orang yang memiliki bakat menulis untuk bergabung dengan agensi Anda.

Nantinya, setiap pesanan artikel Anda dapat diberikan kepada penulis Anda.

19. Video Editor

Selain menjadi penulis artikel, konten jenis video juga bisa menjadi konten pemasaran yang menarik, Anda bisa bekerjasama dengan bebrapa  videografer untuk mendirikan agensi produksi video.

Untuk agen produksi video, pasarnya juga luas, tidak hanya perusahaan, Anda juga dapat bekerja sama dengan event organizer untuk membuat video tentang acara yang mereka selenggarakan.

20. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Jika Anda memiliki bakat untuk membuat aplikasi seluler seperti Android, Anda dapat menawarkan layanan pengembangan aplikasi seluler.

Apalagi sekarang ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk melakukan atau mengakses sesuatu.

Dengan banyaknya orang yang menggunakan media sosial, media sosial akhirnya menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk.

Namun sayangnya, banyak pemilik bisnis yang tidak mengetahui cara mempromosikan produk atau bisnisnya melalui media sosial. Maka anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual jasa pemasaran media sosial.

Jika diperhatikan, ada cukup banyak peluang bisnis online yang bisa Anda manfaatkan, namun bisnis online terkadang juga rawan, apalagi jika bisnis online yang Anda jalankan cukup besar dan berkembang.