Aplikasi MY SAPK BKN : Pengertian, Manfaat Dan Cara Menggunakannya

Aplikasi MY SAPK BKN – Di era modern sekarang ini dengan teknologi yang canggih, hampir semuanya serba digital untuk mempermudah kehidupan masyarakat luas.

Hampir setiap orang saat ini memiliki smartphone atau telepon pintar yang memudahkan aktivitas mereka sehari-hari.

Seperti halnya dengan pemerintah Indonesia yang saat ini menggunakan teknologi digital seperti website dan lain-lain.

Akan tetapi, masih banyak kekurangan yang dimiliki website yang membuatnya kurang optimal dalam penggunaan, seringnya maintenance, interupsi dan lain sebagainya.

Untuk itu, pemerintah BKN saat ini telah membuat aplikasi untuk mempermudah pekerjaan PNS yang bernama MY SAPK BKN .

Apa Itu Aplikasi MY SAPK BKN ?

MY SAPK BKN merupakan aplikasi milik Badan Kepegawaian Negara yang bertujuan untuk memudahkan pegawai negeri sipil mengakses layanan SDM melalui aplikasi Android yang mudah digunakan.

Secara umum, SAPK adalah Sistem Aplikasi Sumber Daya Manusia BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi PNS, seperti memasukkan gaji, PNS, dll.

Aplikasi ini juga dapat diunduh dari play store.

Keunggulan MY SAPK BKN

Sebagai aplikasi untuk mempermudah pengelolaan kepegawaian di BKN tentunya memiliki banyak fungsi.

Di bawah ini adalah beberapa fitur dari MY SAPK BKN :

  1. Profil PNS: Ini adalah fitur yang berisi data dasar pegawai, jabatan, jabatan, dan golongan. Fungsi ini secara umum memuat identitas PNS.
  2. Modify Data: Fitur ini berguna bagi ASN atau pegawai untuk mengubah data di database nasional BKN seperti nomor telepon, alamat email, BPJS, NPWP, nomor handphone, alamat rumah, dll.
  3. KPE : KPE atau e-card karyawan di aplikasi ini adalah versi virtual. Kini ASN atau pegawai tidak perlu lagi mencetak e-card pegawai, cukup menggunakan KPE virtual yang dapat diunduh dan dicetak untuk keperluan SDM seperti Bapertarum, BPJS Kesehatan dan PT. Taspen.
  4. SK Authentication: Fitur SK Authentication adalah fitur yang berisi surat keputusan yang dikeluarkan oleh SAPK.
  5. Pelacakan: Fitur pelacakan ini digunakan oleh ASN untuk menentukan ruang lingkup proses SDM. Fitur ini sangat penting bagi ASN atau karyawan.
  6. Personalisasi: Personalisasi merupakan salah satu fitur dari aplikasi My SAPK BKN yang dirancang untuk mengubah password pada aplikasi My SAPK BKN.

Yang Harus Diperhatikan Saat Masuk ke MY SAPK BKN

Karena aplikasi My SAPK BKN ini khusus untuk ASN atau pegawai, tentunya ada cara login tersendiri, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat login ke MY SAPK BKN .

  1. Setelah menginstal aplikasi My SAPK BKN, buka aplikasi untuk login atau login dengan mengklik MASUK.
  2. Kemudian akan muncul pesan yang meminta Anda untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Silahkan isi username menggunakan NIP dan password diisi menggunakan NIK.
  3. Jangan lupa untuk memeriksa informasi pribadi Anda seperti rincian dasar, kelas, gelar, posisi, pangkat dan sebagainya. Apabila informasi tersebut mengandung beberapa hal yang tidak relevan atau tidak sesuai, harap menghubungi BKN atau pengelola SDM instansi terkait.
  4. Setelah itu, centang menu “Update data”, isikan data-data yang diperlukan di aplikasi untuk menyempurnakan atau menambahkan beberapa informasi Anda.
  5. Bagi Anda yang mengajukan promosi, pastikan untuk membaca fitur notifikasi untuk melacak kemajuan Anda.
  6. Jangan lupa untuk memeriksa menu lainnya dan mengisi data yang hilang sebanyak mungkin.

Manfaat Aplikasi MY SAPK BKN

Aplikasi MY SAPK BKN memiliki banyak manfaat untuk ASN dan BKN. Tak heran jika aplikasi ini banyak diunduh dan diinstal oleh ASN di Indonesia.

Berikut adalah beberapa manfaat dari MY SAPK BKN .

  1. Mempermudah ASN dalam menyimpan data atau informasi.
  2. Memudahkan ASN untuk menyampaikan informasi pribadi atau data pribadi langsung ke database BKN.
  3. Memungkinkan ASN untuk mengubah beberapa informasi lebih cepat.
  4. Memfasilitasi permasalahan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki ASN Indonesia.
  5. Mempermudah ASN untuk memverifikasi personelnya di BKN
  6. Membantu BKN dalam mengkinikan informasi dan data yang dimiliki ASN atau pegawai.
  7. Dengan My SAPK BKN, proses administrasi ASN atau BKN diharapkan dapat memberikan kenyamanan baik bagi ASN itu sendiri maupun BKN. Untuk itu BKN saat ini terus melakukan sosialisasi tentang aplikasi BKN yang sangat membantu dan membantu.

Bagi Anda yang merupakan ASN atau pegawai, jangan lupa untuk mendownload aplikasi ini di Google Playstore agar proses administrasi dapat dilakukan dengan mudah, akurat dan cepat.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat sederhana dan praktis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.