4 Tips Memilih Laptop , Jangan Sampai Salah Beli

Jejakindo.com – Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli laptop untuk anak Anda yang masih sekolah, Anda bisa simak tips memilih laptop untuk anak sekolah berikut ini agar tidak salah beli nantinya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini tidak hanya para pekerja kantoran yang sering menggunakan laptop, namun perangkat portable juga menjadi salah satu gadget yang banyak digunakan oleh kalangan pelajar.

Namun, berbeda dengan laptop kantor, laptop pelajar ini biasanya memiliki spesifikasi yang cukup standar karena hanya digunakan untuk menunjang kegiatan belajar.

Oleh karena itu, ketika memilih laptop tertentu yang akan digunakan, siswa harus jeli dan tidak tergiur dengan klaim pemasaran bahwa pada akhirnya Anda akan membeli laptop yang tidak memenuhi spesifikasi.

4 Tips Memilih Laptop

Perlu diingat bahwa Anda akan membeli laptop untuk siswa sekolah, di mana biasanya penggunaan laptop ini cukup sederhana dan hanya digunakan untuk pekerjaan ringan.

Misalnya digunakan untuk kelas online melalui Zoom atau Google Meet, tugas-tugas seperti mengetik, browsing, membuat presentasi, dan sejumlah aktivitas lainnya.

Namun, agar lebih jelas, redaksi berikut akan memberikan beberapa tips laptop mahasiswa yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Pilih Yang Sesuai Dengan Budget

Saran pertama ketika memilih laptop untuk siswa adalah menyesuaikan anggaran Anda. Ini benar-benar faktor utama dalam menentukan laptop mana yang Anda dapatkan dengan spesifikasi yang mana.

Karena semakin mahal harganya, tentunya performa yang dibawanya akan semakin baik. Tapi ingat, ini adalah laptop pelajar untuk penggunaan sehari-hari saja.

Jika dana terbatas, saran redaksi carilah laptop dengan budget hanya 3 jutaan, ini sudah lebih dari cukup. Namun jika Anda memiliki dana yang tidak terbatas, silahkan pilih jenis laptop yang Anda inginkan.

2. Sesuaikan Spek dan Kriteria 

Tips selanjutnya adalah menyesuaikan karakteristik laptop untuk penggunaannya. Seperti yang telah disebutkan editor sebelumnya, biasanya kebutuhan laptop untuk mahasiswa terbatas pada kelas online, mengetik, browsing, atau presentasi.

Jadi spesifikasinya tentu tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Namun, setidaknya laptop harus memiliki RAM 4GB agar tidak terlalu lambat dalam penggunaan.

4. Beli Laptop yang Sudah Diinstall OS

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis laptop yang dijual kosong yaitu sistem operasi yang digunakan tidak terpasang.

Hal ini tentu akan merepotkan Anda karena harus menginstal OS untuk dapat menggunakan laptop, seperti OS Windows 10/11 secara default.

Untuk melakukan ini, belilah jenis laptop yang sudah diinstal OS, untungnya Anda bisa mendapatkan OS asli dan bukan OEM.

Saran dari Kami, hindari menggunakan sistem operasi Windows yan tidak original atau bajakan, karena penggunaannya di nilai berisiko untuk penggunaan jangka panjang.

4. Pilih Dari Brand Ternama

Tips selanjutnya adalah memilih laptop keluaran dari merek ternama yang telah lolos uji kualitas.

Anda bisa mempertimbangkan merek laptop populer seperti Asus, Acer, Lenovo, HP dan beberapa merek laptop lainnya.

Karena merek laptop ini terkenal dengan build quality yang baik dan sudah teruji, maka tidak perlu diragukan lagi kualitas produknya.

Rekomendasi Laptop yang Bagus dan Murah, Harga Dibawah 5 Juta

Ada banyak pertimbangan saat membeli perangkat laptop portabel. Salah satunya adalah pertimbangan harga, dimana biasanya banyak konsumen yang mencari laptop yang bagus namun dengan harga yang murah.

Padahal, seperti yang kita ketahui, masalah harga laptop ini berbanding lurus dengan kualitasnya, artinya semakin mahal harganya maka semakin bagus kualitas laptop tersebut.

Namun, ini tidak berarti bahwa tidak ada laptop murah yang bagus. Sebenarnya cukup banyak pilihan laptop bagus dan murah di pasaran, hanya saja konsumen kurang memahami tipe mana yang masuk dalam kategori ini.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini redaksi akan memberikan informasi rekomendasi laptop jenis apa saja yang cukup berkualitas, namun dengan harga terjangkau.

Sebelum redaksi memberikan informasi mengenai jenis laptop apa saja yang masuk dalam kategori laptop murah tapi berkualitas, redaksi ingin agar Anda sebagai pembaca tidak terlalu berharap.

Artinya, jangan berharap laptop murah dan murah yang akan direkomendasikan oleh editor di bawah ini akan memiliki kinerja tinggi, dapat bermain game, bekerja keras, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah rekomendasi laptop yang tergolong laptop bagus dan murah di tahun ini .

1. AXIOO My Book 11 Lite

Jika kamu hanya punya uang Rp 2,5 juta tapi ingin membeli laptop yang lumayan bagus, AXIOO My Book 11 Lite bisa jadi pertimbangan.

Dilengkapi dengan prosesor Intel Atom X5 Z8350, RAM 4GB dan penyimpanan EMMC 64GB, laptop ini sangat ideal untuk pelajar.

2. Zyrex Notebook Sky 232A

Rekomendasi selanjutnya, laptop seharga $3 juta yang masuk dalam kategori laptop murah dengan spesifikasi lumayan adalah Zyrex Notebook Sky 232A.

Untuk dukungan performa, laptop ini didukung oleh prosesor AMD A4-9125 yang menurut perusahaan memiliki performa yang lebih baik dari prosesor Intel Celeron N4000.

Sedangkan untuk RAM-nya sendiri, laptop ini dibekali dengan RAM 4G (single channel) dan media yang sudah menggunakan memori jenis SSD 128 GB.

3. Asus A407MA

Masih dengan nominal  harga 3 jutaan atau tepatnya sekitar Rp 3,7 jutaan, ada laptop dari pabrikan ternama yakni Asus dalam seri laptop Asus A407MA.

Terkenalnya nama Asus di industri notebook menjadi jaminan jika seri notebook yang dibekali Intel Celeron N4000 2.6GHz dengan kartu grafis terintegrasi Intel UHD 600 650MH, RAM 4GB dan storage 128GB ini cukup andal untuk pekerjaan sehari-hari.

Mengetik, memproses dokumen, browsing, rapat online, dan sejenisnya dapat dilakukan dengan laptop ini tanpa masalah yang berarti.

4. Lenovo IdeaPad S145

Selain itu, ada laptop dari pabrikan Lenovo yaitu seri Lenovo IdeaPad S145 yang dibandrol mulai dari Rp 4 jutaan.

Ini menggunakan Intel Celeron Gen-8 Whiskey Lake 4205U 1.8GHz sebagai otaknya, yang terintegrasi dengan kartu grafis Intel UHD 610 900MHz untuk RAM DDR4 4GB.

Menariknya, laptop ini sudah menggunakan memori SSD sebesar 246 GB yang menjanjikan kecepatan saat memuat dan mentransfer data.

5. Acer Aspire 3

Terakhir, untuk laptop bagus dan murah yang masuk dalam kategori ini, disarankan untuk memilih laptop seri Acer Acer Aspire 3.

Menggunakan prosesor AMD A9 9420e, laptop yang dibanderol dengan harga sekitar Rs 4,1 jutaan ini diklaim memiliki performa yang setara dengan prosesor Intel Core i3-6006U.

Dengan RAM 4 GB DDR4 dan SSD 256 GB, laptop ini cukup cepat untuk dipanggil ke dalam pekerjaan sehari-hari baik kantor maupun sekolah/mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.