5 Aplikasi PDF Reader Terbaik Untuk Andriod

Jejak Indo – File PDF adalah  Salah satu jenis file dokumen digital yang cukup sering digunakan saat ini . Misalnya, jika Anda menerima file jadwal terkirim, dokumen kolaborasi, atau dokumen lainnya, sebagian besar akan dikirim sebagai file PDF.

Dulu, file jenis ini hanya bisa dibuka dengan komputer atau laptop yang dilengkapi software PDF reader.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini membuka dan membaca file PDF dapat dilakukan dengan mudah melalui smartphone Android dengan aplikasi PDF reader yang dapat diinstal melalui Google Play Store.

Jika saat ini mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui aplikasi pembaca PDF Android terbaik, informasi dari editor berikut dapat membantu Anda.

Rekomendasi Aplikasi Pembaca PDF Terbaik

Faktanya, beberapa aplikasi pembaca PDF terbaik tersedia gratis di Google Play Store.

Aplikasi ini memiliki fitur dan manfaat tersendiri untuk dipertimbangkan.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, pada artikel ini editor akan memberikan rekomendasi aplikasi pembaca PDF terbaik untuk ponsel Android yang dapat Anda instal, salah satunya di perangkat yang Anda gunakan.

1. Adobe Acrobat Reader

Yang bernama Adobe Acrobat Reader ini adalah aplikasi pembaca PDF Android terbaik dan terpopuler saat ini.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya unduhan aplikasi ini di Google Play store yang telah mencapai 500 juta unduhan dan terus bertambah.

Selain fungsi utamanya sebagai aplikasi pembaca jenis file PDF, aplikasi Adobe Acrobat Reader ini juga dilengkapi dengan fungsi lain seperti mengkonversi atau mengubah file PDF ke Excel atau Word.

Salah satu keunggulan lain dari aplikasi ini adalah ukuran filenya yang kecil dan ringan, jadi pastinya tidak akan menyumbat penyimpanan ponsel Anda.

 

2. WPS Office

Selain itu, jika Anda ingin membaca file PDF dengan nyaman melalui smartphone Android, editor menyarankan untuk menginstal aplikasi multifungsi bernama WPS Office.

Disebut aplikasi multifungsi karena selain dapat membaca file PDF, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media untuk membaca file jenis lain, seperti file .docx atau .xls.

Bahkan, karena popularitas aplikasi ini pada tahun 2015, WPS Office pernah menduduki peringkat sebagai salah satu aplikasi terbaik 2015 dari versi Google Play Store, “Pilihan Editor” dan “Pengembang Populer”.

3. Foxit Mobile PDF

Pembaca PDF Android terbaik berikutnya yang disarankan editor untuk Anda instal adalah aplikasi bernama Foxit Mobile PDF.

Aplikasi ini sebelumnya cukup populer dan familiar bagi pengguna laptop atau komputer sebagai pembaca PDF dengan tampilan dan antarmuka pengguna yang cukup user-friendly.

Kini pengembang juga sedang membuat versi mobile dari aplikasi ini, dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik seperti fitur bookmark dan anotasi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menyorot atau menggarisbawahi teks dalam sebuah dokumen. Fitur lanjutan lainnya tersedia, seperti kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, tetapi pengguna berlangganan ke versi pro.

4. Google Play Books

Seperti namanya, aplikasi pembaca PDF ini dikembangkan oleh raksasa teknologi global Google, jadi tidak ada keraguan tentang kualitas dan fitur serta fitur-fiturnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Drive, Google Docs, Sheets, Google Slides.

Dengan demikian, ketika Anda menerima file PDF melalui Gmail, dapat dengan mudah dibaca langsung melalui aplikasi ini.

5. Polaris Viewer

Jika Anda suka membaca buku digital atau e-book PDF, maka aplikasi ini sangat cocok untuk tujuan itu.

Pasalnya, aplikasi ini hadir dengan fungsi utama aplikasi pembaca e-book dalam mode landscape, portrait dan multi-window dengan user interface berbahasa Indonesia.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membaca jenis file populer lainnya seperti file DOC, XLS, PPR, PDF, TXT dan ZIP. Cukup menarik, bukan?

Demikian informasi mengenai beberapa rekomendasi aplikasi pembaca PDF terbaik yang bisa Anda instal, salah satunya ada di perangkat yang Anda gunakan.