5 Cara Mengembalikan Suara Notifikasi Samsung Tidak Bunyi, Begini Solusinya

Jejakindo.com – Bagi Anda pengguna ponsel Samsung yang mengalami masalah saat suara notifikasi ponsel Samsung Anda tidak berbunyi, Anda bisa mencoba menerapkan tips dari editor berikut untuk mengatasinya.

Suara notifikasi atau notifikasi di hp samsung yang tidak mengeluarkan suara tersebut pasti akan membuat perangkat kurang user friendly.

Sebab, seperti yang kita ketahui, bunyi notifikasi di ponsel, baik itu notifikasi pesan, email, atau notifikasi lainnya, berfungsi sebagai penanda jika ada sesuatu yang muncul atau diterima di ponsel kita.

Jadi ketika notifikasi seperti itu tidak mau berbunyi, pengguna tentunya tidak akan tahu jika ada, misalnya ada pesan masuk, dan terkadang hal ini bisa menimbulkan masalah.

Apalagi jika pesan tersebut perlu segera dibalas dan pengguna tidak langsung melakukannya karena tidak mengetahui pesan yang masuk akibat notifikasi pesan tidak berbunyi.

Jika Anda adalah salah satu pengguna yang saat ini mengalami masalah serupa, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah ini.

Seperti yang dikutip oleh editor dari halaman resmi Forum Komunitas Pengguna Samsung, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah suara notifikasi Samsung tidak terdengar.

1. Periksa Pengaturan Mode Suara

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan mode suara Anda dan memastikan bahwa opsi “Suara” diaktifkan.

Perlu diketahui bahwa mode suara sendiri memiliki tiga opsi, yaitu: “Suara“, “Getar” dan “Mute“. Jika Anda mengaktifkan opsi “Getar” atau “Senyap“, maka, tentu saja, suara notifikasi, serta nada dering, tidak akan berbunyi.

Untuk mengaktifkan opsi “Suara“, masuk ke menu “Pengaturan“, lalu pilih “Menu Suara dan Getaran“, lalu pilih opsi pertama yaitu opsi “Suara“.

2. Pilih Nada Notifikasi

Selain itu, cara kedua yang bisa dilakukan adalah memastikan Anda memilih nada dering yang digunakan untuk nada notifikasi.

Untuk melakukan ini, buka menu “Pengaturan“, lalu pilih menu “Suara dan getaran“, lalu pilih opsi “Suara notifikasi“. Opsi ini akan menampilkan serangkaian suara notifikasi yang dapat Anda pilih.

Pada langkah selanjutnya, Anda cukup memilih salah satu nada yang Anda sukai dan ingin Anda gunakan sebagai nada notifikasi.

3. Tambah Volume Notifikasi

Terkadang Suara notifikasi ponsel samsung yang tidak berbunyi bisa juga disebabkan karena volume yang digunakan terlalu kecil, sehingga keluaran suara tidak maksimal.

Untuk memperbesar volume suara notifikasi, masuk ke menu Settings, lalu Sound and Vibration, lalu pilih opsi Volume.

Pada opsi ini akan ada pengaturan untuk menambah atau mengurangi volume nada dering, media, notifikasi, dan sistem.

Anda kemudian memilih opsi notifikasi dan memindahkan ikon ke kanan untuk membuat notifikasi berbunyi pada intensitas suara yang diinginkan.

4. Coba Reset Perangkat

Langkah selanjutnya adalah yang terakhir di mana Anda dapat me-restart perangkat Samsung yang Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah ini.

Caranya masuk ke menu Setting, lalu pilih opsi About phone, lalu scroll ke bawah dan pilih opsi Reset.

Pada opsi reset, Anda memilih opsi teratas, yaitu Reset All Settings. Klik pada opsi dan tunggu prosesnya selesai.

Cara yang satuĀ  ini dinilaiĀ  cukup efektif untuk mengembalikan semua pengaturan pabrik yang dilakukan pengguna tanpa menghapus semua data yang ada, sehingga cukup aman.

5. Bawa Ponsel Ke Pusat Servis

Langkah terakhir. Apabila Anda sudah mengikuti semua tips yang telah editor bahas di atas dan masih belum menyelesaikan masalah, speaker ponsel Samsung yang Anda gunakan mungkin rusak.

Dalam hal ini, tidak ada cara lain selain membawa perangkat yang bermasalah ke pusat layanan Samsung untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat oleh ahlinya.

Biasanya, dengan kerusakan seperti itu, tidak hanya suara notifikasi yang tidak terdengar, tetapi juga suara lain, seperti media, nada dering. Penyebabnya mungkin jatuh atau masuknya air.

Penutup

Demikian informasi dari redaksi tentang beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah suara notifikasi di hp samsung tidak berbunyi.

Semoga informasi yang diberikan redaksi dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.