5 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar, Mahasiswa Dan Ibu Rumah Tangga

Jejakindo.com – Kemajuan teknologi yang semakin canggih memungkinkan untuk melakukan banyak hal secara online, termasuk menjalankan bisnis. Bisnis internet itu sendiri adalah bisnis yang dilakukan dengan koneksi internet yang solid.

Saat ini, ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda lakukan secara online. Sebenarnya, Anda bisa menjalankan beberapa bisnis online tanpa modal apapun, tetapi yang Anda butuhkan hanyalah layanan dan kreativitas Anda.

Memulai bisnis online adalah pilihan yang tepat bagi seorang mahasiswa yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Bisnis internet juga sangat cocok untuk ibu rumah tangga sebagai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah.

Karena fleksibilitasnya, bisnis online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja Anda inginkan.

Bisnis Online Tanpa ModalĀ 

EditorĀ  telah merangkum 5 peluang bisnis online terbaru yang bisa Anda manfaatkan.Berikut daftarnya :

1. Dropshipper

Bisnis ini memiliki peluang yang menjanjikan karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Dropshipping adalah penjualan barang dari perusahaan lain atas nama toko Anda, tetapi belum tentu pembelian saham.

Padahal, Anda hanyalah perantara antara penjual dan pembeli. Penjual hanya perlu meneruskan pesanan bila ada pembeli yang ingin membeli barang. Anda mendapatkanĀ  keuntungan dengan cara menaikkan harga produk, tetapi jangan terlalu tinggi agar tetap kompetitif di pasar.

Dengan menjadi dropshipper, Anda bisa berhemat membeli barang, menyediakan gudang, merawat barang, dll. Anda juga bisa mempromosikannya dengan murah melalui media sosial atau mendirikan toko online di e-commerce.

Dengan maraknya e-commerce di Indonesia saat ini, Anda tidak akan kesulitan mempromosikan barang yang akan Anda jual melalui dropshipping. Toh sudah banyak bisnis yang membuka peluang dropshipping, Anda tinggal memilih produk mana yang paling menjanjikan untuk dijual.

2. Freelancer

Belakangan ini pekerjaan ini juga menjadi lini bisnis online yang menjanjikan. Menjadi pekerja lepas benar-benar berarti “menjual” layanan yang Anda miliki kepada klien yang membutuhkan. Ada begitu banyak website yang membutuhkan tenaga freelance yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis ini.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa untuk menambah uang jajan. Misalnya, jika Anda memiliki hobi menulis, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan uang dengan menjadi seorang freelancer. Cukup buat akun dengan situs freelance pilihan Anda lalu mulailah menawarkan pekerjaan sesuai kemampuan Anda.

Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia di situs ini seperti penulis konten, penerjemah, entri data, pembuatan desain, pembuat situs web, dll. Pekerjaan freelacer ini meliputi layanan SEO, pemasaran digital, spesialis media sosial juga dapat dilakukan secara freelance.

3. Menjadi Afiliator

Baru-baru ini, tidak hanya lepas, tetapi juga pemasaran afiliasi menjadi sangat populer. Menjadi affiliate marketer berarti mempromosikan produk di platform Anda agar pelanggan Anda tertarik untuk membeli produk tersebut.

Dengan kata lain, Anda menjadi mikro-influencer untuk bisnis. Anda akan mendapatkan imbalan berupa komisi bila Anda berhasil menjual produk berdasarkan tujuan yang dicapai. Besarnya komisi yang Anda terima juga tergantung kesepakatan Anda dengan penjual.

Selain tidak membutuhkan modal, bisnis ini juga menjanjikan karena sudah banyak yang membuka jasa menjadi affiliate marketing. Cukup pilih program afiliasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mulailah berpromosi.

4. Menjual jasa secara online

Bisnis online lain yang menjanjikan adalah menawarkan layanan berdasarkan kemampuan Anda. Misalnya dengan mengadakan kursus online melalui Zoom atau platform pertemuan online lainnya. Anda bisa mengikuti kursus SEO, kursus bahasa Inggris, membuat website, dll.

Anda juga dapat menawarkan konsultasi online seperti konsultasi skripsi, keuangan, pemilihan pekerjaan, dll. Dengan model bisnis ini, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan modal karena Anda hanya membutuhkan laptop, internet, dan keterampilan yang Anda miliki sudah Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi freelancer tanpa mendaftar di situs freelance. Triknya adalah mempromosikan layanan Anda sendiri. Anda dapat melakukan ini melalui akun media sosial pribadi, tetapi Anda membutuhkan merek pribadi yang kuat untuk membuat pelanggan tetap tertarik dengan layanan Anda.

5. Bergabunglah dengan Proyek Online

Saat ini, Anda bisa mendapatkan uang dengan bergabung dengan berbagai proyek yang berlangsung di Internet. Misalnya dengan mengisi survey di berbagai platform survey seperti ClixSense, Global Test Market, iPanel. Indonesia memiliki Nusaresearch, YouGov, Surveyon, Jakpat, dll.

Hanya dengan menjadi responden, Anda akan mendapatkan poin yang kemudian dapat ditukarkan dengan uang. Umumnya, Anda dapat mencairkan pendapatan yang ada dengan bantuan perusahaan e-money yang bekerja dengan platform survei yang sesuai seperti Go-Pay, DANA, Paypal, dll.

Selain menyelesaikan survei, Anda juga dapat menyelesaikan tugas mikro lainnya di platform seperti Appen dan TELUS International. Pekerjaan yang dapat Anda lakukan, seperti mengevaluasi keamanan internet, mengevaluasi kualitas aplikasi tertentu, membuat dokumentasi seperti foto, video, dll.

Penutup

Nah itulah beberapa Contoh atau jenis bisnis online tanpa modal untuk pelajar, mahasiswa bahkan untuk ibu rumah tangga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.