5 Penyebab iPhone Sering Panas Saat Digunakan

Jejak Indo – Beberapa pengguna iPhone sering mengeluhkan perangkat yang mereka gunakan menjadi sangat panas saat digunakan.Jika Anda salah satu yang mengalami hal ini, Anda harus mengetahui beberapa penyebab iPhone cepat panas.

IPhone yang cepat panas berarti ada masalah dengan telepon. Salah satu alasannya berkaitan dengan penggunaan berlebihan.Sekadar informasi, iPhone akan tampil maksimal pada suhu antara 0 hingga 35 derajat Celcius.

iPhone terlalu panas dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda. Penyebab overheating ini biasanya juga menandakan adanya masalah, yang biasanya disertai dengan kondisi lain seperti layar redup, pengisian lambat atau bahkan berhenti, atau grafik tidak berfungsi dengan baik.

5 Penyebab iPhone Sering panas :

 

Untuk lebih jelasnya, Kami telah merangkum beberapa alasan mengapa perangkat iOS memanas lebih cepat, yang sering tidak disadari oleh pengguna.

 

1. Penyimpanan di tempat yang panas

 

Tanda tersebut telah disadari oleh banyak orang yang menyimpan atau meletakkan iPhone di dalam mobil atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Namun, ini harus dihindari. Apalagi jika casing iPhone Anda berwarna hitam. Karena warna ini akan lebih cepat menyerap panas yang pada akhirnya akan membuat iPhone kamu lebih cepat panas.

Kondisi ini akan menyebabkan panas berlebih yang dapat merusak baterai atau komponen lainnya.

Jadi jika Anda berada di tempat yang panas, bawalah handuk berwarna terang untuk menutupi iPhone Anda.

Paparan panas yang konstan mempengaruhi kondisi baterai. Ketika terlalu panas, kemampuan baterai untuk menyimpan energi berkurang. efek dari waktu ke waktu, kinerja iPhone akan melambat.

2. Prosesor bekerja terlalu keras

 

Hal ini dapat terjadi jika Anda sering memainkan game dengan grafis intensif atau mengekspor dan mengedit video 4K.
Kemudian Anda akan menemukan bahwa baterai cepat habis dan panas menumpuk dengan cepat. Hal ini bisa terjadi karena prosesor iPhone tidak memiliki kipas pendingin seperti yang dimiliki laptop atau PC.

3. Menggunakan iPhone Saat Mengisi Daya

 

Hindari menggunakan perangkat saat mengisi daya karena ini juga salah satu alasan mengapa perangkat lebih cepat panas. Saat mengisi daya, proses pengisian lebih lambat dari biasanya.

Sehingga, penggunaan berlebihan saat mengisi daya dapat menyebabkan iPhone cepat panas.

4. Terlalu lama Menggunakan GPS

 

Aktivitas CPU-intensif dalam waktu lama dapat meningkatkan penggunaan CPU, salah satunya adalah penggunaan navigasi GPS.

Menggunakan fungsi GPS terlalu lama dapat menyebabkan ponsel cepat panas, karena daya yang diperlukan untuk memproses GPS jauh lebih besar daripada aplikasi lain.

Selain itu, ada juga banyak aplikasi yang terus-menerus meminta izin untuk menggunakan GPS. Nah, menggunakan aplikasi yang sering membutuhkan koneksi GPS bisa menjadi alasan yang cukup baik untuk iPhone menjadi lebih cepat panas.

5. Kerusakan Pada baterai

 

Jika baterai rusak, lebih banyak panas dapat dihasilkan. jika ini terjadi, segera matikan iPhone Anda dan perbaiki.

Cukup ikuti prosedur langkah demi langkah yang disediakan iOS untuk perbaikan baterai.

 

4 Tips untuk Mempertahankan Kesehatan Baterai iPhone

 

Kiat-kiat ini sangat membantu Anda sebagai pengguna iPhone baru, sehingga Anda dapat menerapkannya nanti saat menggunakan perangkat Anda untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Metode ini adalah panduan resmi Apple untuk mengoptimalkan masa pakai baterai  iPhone.

Bagaimana caranya ?

Berikut 4 Tips agar baterai iPhone tetap Prima .

1. Pastikan selalu uptdate software iPhone

 

Tips pertama Apple untuk menjaga performa baterai iPhone adalah memastikan perangkat yang Anda gunakan selalu menjalankan software terbaru atau terupdate.

Cara ini, menurut Apple, merupakan cara paling mudah untuk menjaga kesehatan baterai iPhone, yaitu dengan selalu memperbarui perangkat lunak dengan versi terbaru.

Melakukan ini cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka menu Umum dan menu Pengaturan, lalu pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” untuk memperbarui.

 

2. Kurangi kecerahan layar

 

Tip selanjutnya yang disarankan oleh Apple jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai iPhone Anda adalah lebih sering meredupkan kecerahan layar saat digunakan.

Jika Anda tidak ingin meredupkan kecerahan setiap kali menggunakan perangkat, Anda dapat menggunakan opsi Kecerahan Otomatis. Untuk cara selanjutnya:

– Silakan buka “Pusat Kontrol

– Kemudian alihkan tingkat kecerahan ke status yang lebih rendah.

– Jika Anda ingin mengaktifkan fitur “Kecerahan Otomatis“, Anda hanya perlu membuka menu “Pengaturan“.

– Kemudian buka ”Umum”, lalu pilih ”Aksesibilitas”.

– Kemudian buka “Show Fixtures” lalu nyalakan fitur “Auto Brightness“.

 

3. Aktifkan fitur mode daya rendah.

 

Selain itu, tips lain yang dapat dilakukan oleh pengguna yang ingin tau cara menjaga kualitas baterai iPhone lebih lama adalah dengan mengaktifkan fitur bernama mode daya rendah. (Low Power Mode).

Fitur ini sangat disarankan untuk diaktifkan saat kapasitas baterai sangat rendah.

Seperti yang kita ketahui, iPhone biasanya akan memberikan notifikasi low power mode atau notifikasi di layar saat indikator baterai menunjukkan kapasitas 20 persen.

Begitu muncul notifikasi, sebaiknya segera aktifkan fitur low power mode yang bisa Anda akses melalui menu Setting dan buka opsi Battery.

Kemudian nyalakan fitur low power mode untuk menghemat daya baterai.

4. Cegah aplikasi agar tidak terus Refresh di latar belakang sistem

 

Terakhir, saran yang direkomendasikan oleh Apple adalah menonaktifkan atau mencegah pembaruan aplikasi pada perangkat di luar sistem.

Dengan demikian, selain dapat meningkatkan kinerja perangkat, juga dapat menghemat baterai perangkat yang Anda gunakan.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka menu “Pengaturan” dan memilih “Umum“. Setelah itu, pilih “Background App Refresh” dan nonaktifkan opsi “Background App Refresh“.

Beberapa  Tips diatas adalah tips yang telah diperkenalkan oleh Apple sendiri untuk menghemat daya baterai dan menjaga baterai iPhone Anda dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat .