5 Perbedaan Antara Chromebook dan Laptop

Jejakindo.com – Meskipun Chromebook sebenarnya sudah ada sejak 2011, perangkat ini baru populer dalam 2 tahun terakhir karena banyak orang harus bekerja dan belajar dari rumah secara online akibat wabah covid-19. Sekilas Chromebook ini terlihat seperti laptop, namun tetap ada perbedaan antara Chromebook dengan laptop biasa pada umumnya.

Tampilan dan nuansa Chromebook ini membuat banyak pengguna awam bingung apa yang membuat Chromebook ini berbeda dari laptop pada umumnya, karena jika dilihat dari segi bentuk dan desain akan terlihat sama.

5 Perbedaan Umum Antara Chromebook dan Laptop

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, editor berikut akan memberikan informasi mengenai sejumlah perbedaan antara Chromebook dan laptop biasa pada umumnya.

Oleh karena itu, jika Anda salah satu yang bertanya-tanya apa perbedaan antara Chromebook dan laptop, di bawah ini kami akan membahasnya secara detail dalam kelanjutan artikel di bawah ini.

1. Perbedaan Sistem OperasiĀ 

Perbedaan pertama adalah sistem operasi yang digunakan. Jika laptop biasanya menggunakan sistem operasi Windows atau Linux untuk Chromebook, laptop menjalankan sistem operasi yang berbeda.

Seperti namanya, Chromebook akan menjalankan sistem operasi khusus yang disebut Chrome OS, yang dikembangkan oleh Google, yang dirancang untuk dapat menjalankan aplikasi atau layanan dari Google itu sendiri.

2. Perbedaan Di Segi Spesifikasi

Perbedaan selanjutnya yang menarik perhatian adalah karakteristik yang dibawanya. Jika laptop Windows cenderung dikemas dengan spesifikasi tinggi, prosesor kompleks, RAM, dan banyak penyimpanan, maka tidak demikian halnya dengan Chromebook.

Chromebook biasanya hanya dilengkapi dengan prosesor biasa dengan dukungan kapasitas maksimal RAM 4 GB dan penyimpanan eMMC hanya 32 GB atau 64 GB.

Mengapa ruang penyimpanan cukup kecil, seperti memori smartphone, karena Chromebook sangat bergantung pada aplikasi cloud dari Google.

Artinya semua data akan disimpan di penyimpanan Google, sehingga perangkat ini tidak membutuhkan memori internal yang besar.

3. Tergantung Terhadap Koneksi Internet

Perbedaan lain antara laptop dan Chromebook berkaitan dengan akses untuk menggunakan aplikasi atau perangkat lunak di dalamnya.

Biasanya, semua aplikasi di Chromebook berjalan online dan harus menggunakan koneksi internet untuk menjalankannya.

Oleh karena itu, ketika akses internet tidak tersedia, Chromebook kurang bermanfaat dalam mendukung aktivitas atau pekerjaan penggunanya.

Tidak seperti laptop pada umumnya yang dapat digunakan untuk bekerja walaupun tidak ada koneksi internet.

4. Perbedaan Di segi Harga

Selain itu, perangkat portabel Laptop berbeda dari harga Chromebook, di mana harga laptop itu sendiri jauh lebih tinggi.

Diambil dari harga Yang paling tinggi, Chromebook dijual di kisaran harga Rp 4 juta, ini sudah merupakan yang paling mahal. Sedangkan harga laptop, seperti yang kita ketahui, bisa jauh lebih tinggi dari harga tersebut.

5. Perbedaan Di segi Ukuran

Perbedaan lainnya terkait desain, terutama ukuran perangkat. Chromebook biasanya memiliki ukuran layar yang lebih kecil daripada laptop.

Ukuran layar rata-rata Chromebook adalah 11 inci, yang jauh lebih kecil dari laptop 12 hingga 15 inci.

Penutup

Setelah membaca review dari editor di atas, mungkin Anda sekarang sudah paham dan tahu apa perbedaan antara laptop dan Chromebook.

Jadi, ketika Anda akan membeli perangkat untuk mendukung pekerjaan atau sekolah, Anda sekarang dapat menentukan perangkat mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, seperti yang dijelaskan oleh editor di atas.

Jadi, sekian dulu pembahasan tentang beberapa perbedaan yang paling mencolok antara laptop dan Chromebook, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.