6 Cara Membuat Foto Produk Menarik, Hanya Menggunakan HP

jejakindo.com – Saat berjualan online, foto produk menjadi syarat utama; selain kualitas produk. Namun, banyak orang yang jarang mengetahui bahwa Anda tidak harus menggunakan fotografer profesional untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Dengan mengikuti tips fotografi produk sederhana ini, Anda tetap bisa mendapatkan foto yang bagus.

Sebenarnya kita tidak membutuhkan kamera profesional, cukup dengan bantuan kamera handphone, kita bisa mengambil foto produk yang estetis dan tentunya menarik pelanggan. Meskipun kita tidak tahu cara mengambil foto, kita tetap bisa belajar cara mengambil foto produk yang bagus.

6 Cara Membuat Foto Produk Menarik dengan Kamera Ponsel

Yuk, ikuti tips mengambil foto produk yang bagus dengan HP berikut ini:

1. Tentukan tema terlebih dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memotret suatu produk adalah menentukan tema. Foto produk yang sempurna lebih dari sekedar tontonan. Namun juga memiliki tema yang sesuai dengan produk yang dijual.

Misalnya, jika Anda ingin menjual kue pisang. Kami merekomendasikan menempatkan pisang di sebelah produk kami. Jangan sampai embellishments yang kamu pakai ada hubungannya dengan produk yang kamu jual, lo! Karena erat kaitannya dengan branding dan fitur produk.

2. Siapkan background yang sesuai

Tips mengambil foto produk agar terlihat profesional, nggak harus ke studio foto mahal kok. Kita bisa membuat studio mini di rumah dengan modal yang cukup dari karton putih, kertas HVS, selotip, meja dan aksesoris buatan sendiri.

Tips memilih background, warna putih akan memberikan hasil yang memuaskan juga loh. Karena warna putih memaksimalkan detail produk dan memudahkan kita dalam mengedit gambar.

3. Atur pencahayaan Saat pengambilan Foto

Kami tidak hanya mengandalkan konsep dan latar belakang untuk mengambil foto yang menarik. Tips fotografi produk yang baik juga harus memperhatikan pencahayaan. Pastikan pencahayaan di sekitar produk cukup terang untuk hasil yang sempurna.

Kita juga bisa membeli ring light untuk tujuan ini. Namun jika tidak ingin mengeluarkan uang, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mengambil foto yang bagus.

Waktu terbaik untuk mengambil foto produk di bawah sinar matahari adalah antara pukul 08:00 dan 10:00. Karena pada jam tersebut matahari terbit tinggi, sehingga bayangan menjadi lebih pendek.

4. Pilihlah angle yang tepat

Selain itu, tips foto produk ponsel juga harus memperhatikan angle. Pilihan angle mempengaruhi hasil akhir foto, nih. Sudut yang tepat akan membuat produk lebih proporsional dan menarik bagi konsumen.

Memang, mendapatkan angle yang pas bukanlah hal yang mudah. Pertama kita perlu mengambil beberapa bidikan untuk menemukan sudut yang tepat untuk foto produk kita.

5. Jangan Gunakan Mode zoom

Untuk mengambil foto produk yang menarik, jangan gunakan zoom ya? Alasan mengapa menggunakan zoom akan mengurangi resolusi foto. Bahkan pada ukuran tertentu, fitur ponsel ini bisa membuat gambar terlihat sedikit kacau.

6. Edit foto terlebih dulu

Setelah Anda menemukan foto terbaik, jangan terburu-buru untuk mengunggah gambar, oke? Edit terlebih dahulu dengan aplikasi smartphone untuk menambahkan efek atau teks tambahan. Tenang, sekarang sudah banyak aplikasi edit foto gratis yang sangat memudahkan kita untuk mengedit foto.

7 Aplikasi Edit Foto Aesthetic Gratis ala Selebgram

Bosan dengan feed Instagram Anda yang terlihat sangat polos? Atau apakah Anda mengambil banyak foto tetapi sedikit suka? Tenang, tidak perlu khawatir.

Coba aplikasi pengeditan foto estetika ini. Dengan aplikasi edit foto ini dijamin gambar yang dihasilkan akan lebih “hidup”, lebih cantik dan tentunya langsung kebanjiran like!

1. Aplikasi  VSCO 

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi edit foto yang satu ini bukan? Ya, VSCO benar-benar menjadi aplikasi pengeditan foto untuk membuat foto yang indah dan estetis.

Tidak heran, karena VSCO sendiri memiliki banyak sekali filter yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto Anda.

VSCO dilengkapi dengan beberapa alat; tingkatkan eksposur, sorotan, dan sejumlah lainnya yang akan membuat foto kita lebih estetis.

Tidak heran jika VSCO menjadi pilihan untuk mengedit phototone sesuai keinginan kita. Coba, tekan, oke?

2. Aplikasi Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto rekomendasi berikutnya adalah Adobe Photoshop Express. Jangan khawatir, aplikasi ini sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Tampilan aplikasi ini cukup user friendly. Dengan demikian, kita bisa mengedit foto dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, Adobe Photoshop Express menyertakan banyak fitur menarik. Dari cropping foto sederhana hingga berbagai warna dan filter yang menghiasi foto kita. Bisa dibilang hanya dengan beberapa klik saja kita bisa mendapatkan foto-foto yang menarik.

3. Adobe Lightroom

Masih “bersaudara” dengan yang sebelumnya, aplikasi edit foto estetis selanjutnya adalah Adobe Lightroom. Penggunaannya juga tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Namun, aplikasi Adobe Lightroom di ponsel membantu meningkatkan kualitas foto Anda dan membuatnya lebih jelas.

Salah satu fitur keren dari aplikasi Adobe Lightroom adalah fitur penghilang noda jerawat! Menariknya, kita bisa memainkan permainan warna yang berbeda untuk menonjolkan sisi estetika foto kita.

4. Aplikasi Snapseed

Berbicara tentang aplikasi edit foto terbaik, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Snapseed ke dalam daftar. Ya, bisa dikatakan bahwa Snapseed adalah salah satu aplikasi penting karena banyak fitur yang ditawarkannya. Sebenarnya cara menggunakan Snapseed sangat sederhana. Jadi bahkan pemula pun bisa langsung menggunakannya.

Fitur utama Snapseed adalah nada gambar, kuas, HDR, efek vignette, dan berbagai penyesuaian kontras dalam foto. Belum lagi, Snapseed menawarkan hingga 29 efek dan filter untuk membuat foto Anda semakin estetis! Ini bagus, kan?

5. Aplikasi Afterlight

Aplikasi edit foto terbaik berikutnya adalah Afterlight. Tidak main-main, aplikasi Afterlight kabarnya memiliki lebih dari 50 filter foto! Selain itu, aplikasi ini juga memiliki nada yang khas. Jadi, jika kita menyukai hasil yang lembut, Afterlight patut dicoba.

Tidak berhenti sampai di situ, aplikasi Afterlight photo juga dilengkapi dengan kurang lebih 66 tekstur foto dan puluhan adjustment tools yang super mudah digunakan. Maka tidak heran jika Afterlight sering disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi penting untuk menciptakan foto yang estetis, bukan?

6. Aplikasi Unfold

Kami tidak hanya dapat menghiasi feed Instagram Anda, tetapi juga kisah Instagram Anda (Snapgram). Sekarang membuat Snapgram yang estetis seharusnya tidak memusingkan. Karena ada aplikasi yang bisa kita gunakan yaitu Unfold.

Ya, aplikasi ini menyediakan berbagai template estetika. Dengan cara ini kita tidak perlu repot mengatur dan menata banyak foto. Cukup pilih template, font, dan beberapa filter yang ingin Anda gunakan. Oh ya, lho, Unfold juga bisa digunakan untuk mengedit video Snapgram!

7. Aplikasi Over

Selain Unfold, aplikasi lain yang dapat kita gunakan untuk mengedit foto untuk Snapgram telah berakhir. Kita dapat mengatakan bahwa aplikasi Over jauh lebih berwarna daripada Unfold.

Kita bisa mengedit foto, membuat kolase dan poster. Jadi, jika Anda memiliki bisnis online di Instagram atau jejaring sosial lainnya, aplikasi Over adalah suatu keharusan agar konten yang kami unggah akan menarik lebih banyak pembeli.

Penutup

Demikian rekomendasi cara membuat foto produk menggunakan hp dan beberapa aplikasi edit foto untuk membuat gambar estetis di Instagram . Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.