6 Rahasia Sukses Jualan Online di Instagram

6 Rahasia Sukses Jualan Online di Instagram – Saat ini, Instagram adalah jejaring sosial yang sedang naik daun dan mulai menyeimbangkan raksasa media sosial seperti Facebook dan Twitter dalam hal jumlah pengguna. Jejaring sosial ini saat ini memiliki hingga 400 juta lebih pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Ini adalah peluang besar yang dicari banyak para penjual online untuk menjual produk mereka di jejaring sosial ini. Tentu saja Instagram memiliki beberapa perbedaan dalam penggunaan, karena jejaring sosial ini berfokus pada berbagi foto dan video.

Jadi metode promosi yang digunakan juga sedikit berbeda dengan jejaring sosial lainnya, ada beberapa cara jualan online yang cepat dan menguntungkan melalui Instagram yang bisa Anda cermati jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di jejaring sosial ini.

6 Rahasia Sukses Jualan Online di Instagram

Cara cepat dan menguntungkan berjualan online melalui Instagram. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur media sosial Instagram yang bisa Anda manfaatkan tidak hanya sebagai jejaring sosial, tetapi juga sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan, jika dilakukan dengan benar, sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal. Berikut saya bagikan tips cara cepat dan untung berjualan online melalui instagram yang bisa anda praktekkan.

1. Punya akun Instagram

Cara cepat dan menguntungkan berjualan online melalui Instagram. Buat akun Instagram, kamu bisa langsung masuk ke Instagram dan mendaftar, fungsi yang diberikan untuk pendaftaran cukup sederhana, tidak jauh berbeda dengan cara mendaftar akun Facebook, Twitter, jadi kamu hanya perlu mengikuti petunjuknya.

Buat akun Instagram profesional. Jika Anda akan menggunakan akun untuk bisnis Anda, gunakan nama yang sesuai dengan bisnis dan produk yang Anda jual sehingga ketika calon pembeli memasukkan pencarian untuk produk yang mereka cari, produk Anda mudah dikenali. dengan pencarian di Instagram.

Misalnya jika Anda menjual kacamata, Anda dapat menggunakan nama akun “kacamata impor murah”, “kacamata keren” dan sebagainya. Dan jika Anda ingin menggunakan Instagram untuk bisnis, Anda harus memisahkan akun pedagang Anda dari akun pribadi Anda.

2. Buat layanan yang jelas atau contact person

Akun Instagram yang Anda miliki hanya untuk mempromosikan produk yang Anda jual, akan sangat merepotkan jika harus menjawab pertanyaan atau pesanan pembeli di kolom komentar akun Instagram Anda.

Oleh karena itu, Anda harus mengaktifkan layanan contact person untuk tanya jawab dan pemesanan barang dari pembeli.

Cantumkan contact person dalam biografi akun Instagram Anda (line, Whatsup, BBM dan nomor telepon). Anda harus memisahkan akun contact person untuk bisnis Anda dari kabinet pribadi Anda sehingga Anda dapat terlihat lebih profesional.

3. Upload foto produk yang menarik

ini sangat penting! Instagram merupakan jejaring sosial untuk berbagi foto dan video, tentunya Anda harus mengoptimalkan foto dan video dari produk yang Anda unggah.

Jika foto atau video produk yang Anda upload menarik, maka Anda bisa langsung menarik perhatian pembeli untuk membeli produk Anda. buat foto dan video Anda semenarik mungkin agar calon pembeli benar-benar ingin tertarik dengan produk yang Anda jual.

Unggah gambar atau video yang Anda jual secara rutin, idealnya sekali atau dua kali sehari sehingga pembeli dapat yakin bahwa akun bisnis Anda adalah akun bisnis yang aktif.

4. Unggah foto pada saat-saat “Sakti

Memposting foto dan video produk Anda selama jam-jam “sakti” di sini tidak berarti jam-jam tersebut mengerikan atau mistis. Artinya, Anda perlu memahami kapan Instagram paling banyak dikunjungi pengguna.

Tips: unggah foto/video Anda dari pukul 17:00 hingga 22:00 pada hari kerja, dan pada akhir pekan dan hari libur Anda dapat mengunggah foto dan video Anda dari pukul 10:00 hingga 22:00.

5. Gunakan tagar penjualan

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag (#) pada kolom deskripsi saat Anda mengunggah foto atau video produk Anda di Instagram.

Hashtag (#) memiliki fitur untuk memudahkan pengguna menemukan sesuatu, misalnya jika pembeli ingin mencari kacamata murah di instagram, dia akan memasukkan kata “kacamata murah” di pencarian instagram, nah fungsi hashtag disini untuk mengelompokkan semua kategori yang berhubungan dengan kacamata murah.

Jika menggunakan hashtag kacamata murah (#Kacamatamurah ), maka produk yang Anda jual juga bisa dikenali atau ditemukan oleh calon pembeli, dan tentunya hanya cara cepat dan menguntungkan untuk jualan online via instagram, itulah yang bisa Anda manfaatkan.

Sebagai petunjuk, gunakan tagar pencarian yang biasanya dicari oleh calon pembeli, misalnya jika Anda menjual kacamata, Anda dapat menggunakan tagar “#Kacamatamurah”, “#Kacamataimportbagus”, “Kacamatakeren” dan sebagainya.

6. Jangan Privat akun

Jika akun Instagram Anda digunakan untuk bisnis, sebaiknya jangan menggunakan akun pribadi (closed account) karena calon pembeli tidak hanya berasal dari pengikut Anda, seperti yang saya jelaskan di atas, calon pembeli juga bisa berasal dari yang bukan pelanggan.

Anda mencari kategori produk yang cocok untuk Anda. Anda jual, jika calon pembeli menemukan akun Anda dan ternyata akun Anda adalah akun pribadi, akan sangat merepotkan calon pembeli untuk berlangganan akun Anda terlebih dahulu, mungkin dia akan beralih ke akun lain yang menjual barang serupa untuk Anda , yaitu, Anda akan kehilangan pembeli potensial.

7. Sosialisasi

Seperti akun media sosial lainnya, Instagram juga merupakan akun jejaring sosial untuk mengobrol dengan teman-teman di dunia maya, jadi buat interaksi dengan pengikut Anda, seperti menyukai foto mereka, mengomentari akun mereka, dan membalas komentar pengikut Anda untuk mendekatkan Anda dengan pelanggan. dapat terjalin.

8. Buat penawaran menarik

Cara berjualan online yang cepat dan menguntungkan melalui Instagram yang terakhir adalah dengan menjalankan promosi dari waktu ke waktu, memberikan penawaran menarik kepada followers Anda, seperti diskon untuk waktu tertentu atau gratis ongkos kirim, tentunya hal ini akan menyenangkan bagi Anda. pembeli Anda, dan juga bisa menjadi alat promosi yang memadai.

Ini adalah cara cepat dan menguntungkan untuk berjualan online melalui Instagram yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis Instagram Anda. Sampaikan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published.