Cara Menghitung Rumus Rata-Rata Excel

Jejakindo.com – Menggunakan rumus rata-rata Excel sebenarnya cukup sederhana. Namun, di antara pengguna pemula, itu masih bisa membingungkan. Untuk melakukannya, kali ini editor akan memberikan informasi tentang rumus di Excel, yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang sangat populer di kalangan pengguna, baik pekerja kantoran maupun pelajar atau mahasiswa.

Program ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memanipulasi angka untuk menghasilkan hasil akhir seperti total, rata-rata, dan banyak lagi aplikasi.

Namun, karena rumus yang digunakan di Excel hanya kode khusus, banyak pengguna yang masih bingung dan bahkan tidak tahu cara menggunakan rumus tersebut.

Cara Menghitung Rumus Rata-Rata Excel

Topik artikel ini akan serial atau persisten. Dimana editor akan melihat semua rumus yang digunakan dalam program pengolahan Microsoft Excel.

Pertama, editor akan membahas terlebih dahulu rumus rata rata di Excel. Dimana rumus ini berguna untuk menghitung banyaknya nilai dalam suatu kelompok data dibagi dengan banyaknya data.

Dalam rumus Excel, kita mengenal istilah sintaksis yang digunakan sebagai perintah untuk memanipulasi angka, baik itu mencari jumlah total, menemukan rata-rata, dan sebagainya.

Untuk sintaks atau perintah di tengah rumus Excel, kita menggunakan perintah =AVERAGE diikuti dengan letak kolom+baris pertama dan kolom+baris terakhir.

Untuk menulis rumus seperti ini, = mean(A1:A10). Untuk lebih memahami perintah tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

  • =AVERAGE adalah nama fungsi Excel untuk menghitung rata-rata.
  • A1, ini adalah kolom pertama
  • A10, ini adalah kolom terakhir.

Cara menggunakan rumus rata-rata Excel

Untuk mengilustrasikan dan menerapkan rumus ini, editorial berikut akan memberikan contoh penggunaan rumus rata-rata Excel ini.

Pada contoh lembar kerja Microsoft Excel, pada kolom A di bawah ini, kami memiliki data numerik yang berisi rangkaian angka berikut: 2,8,5,3,4,1,9,8,4,7,6,3, 4, 1 ,2,9.

Selanjutnya, kita diinstruksikan untuk mencari nilai rata-rata dari serangkaian angka. Jika Anda menggunakan cara manual untuk menghitungnya dengan kalkulator, tentu akan memakan banyak waktu.

Lalu bagaimana cara mencari rata-rata data dengan rumus mencari rata-rata di Excel?

Cara menggunakan rumus rata-rata excel cukup sederhana, berikut urutannya:

  • Letakkan kursor pada sel yang diinginkan, pada contoh gambar di atas, tempat untuk melihat hasil berada di bawah data yaitu pada sel A18.
  • Kemudian masukkan rumus dengan mengetik =AVERAGE(A1:A16). A1 adalah data awal nomor 2 dan A16 adalah data akhir nomor 9.
  • Setelah memasukkan rumus, cukup tekan Enter dan hasilnya akan muncul secara otomatis.
  • Pada contoh gambar di atas, rata-rata hasil akhir dari data adalah 4,75.

Mudah kan ? cara untuk menemukan rata-rata dalam sekumpulan data numerik menggunakan rumus yang telah dijelaskan editor di atas.

Menggunakan rumus seperti ini sangat menghemat waktu bagi Anda yang bergelut dengan pekerjaan bilangan.

Selain itu, dengan menggunakan rumus tersebut akan meminimalisir human error karena sistem komputer akan langsung menghitungnya dengan benar dan akurat, bukan menghitungnya secara manual.

Cara Memulihkan File Excel yang Belum Disimpan

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda bosan mengolah dokumen/data di Excel, dan tiba-tiba terjadi error pada laptop Anda, padahal file tersebut tidak tersimpan/tersimpan? cukup mengganggu, bukan. Padahal sebenarnya ada cara mudah untuk memulihkan file excel yang belum disimpan.

Jika Anda masih belum begitu mahir dalam menggunakan program pengolah data/angka Microsoft Excel ini, mungkin  Anda akan sedikit panik.

Oleh karena itu, sehubungan dengan topik artikel ini, editor akan memberikan informasi dan tips tentang cara memulihkan file Excel yang belum disimpan, tetapi komputer atau laptop tiba-tiba mati karena kesalahan.

Untuk mengantisipasi kejadian seperti yang sudah editir bahas diatas i, pihak pengembang Microsoft sudah  menyiapkan solusinya terlebih dahulu dari awal.

Perlu Anda ketahui bahwa MS Excel sendiri memiliki sejumlah fitur yang sangat berguna bagi pengguna, salah satunya adalah fitur yang dikenal dengan “Recover Unsaved Workbooks” yang berguna untuk menyimpan otomatis data yang belum sempat kita simpan.

Berkat fitur ini, meskipun file kerja di Microsoft Excel belum disimpan, itu dapat dipulihkan dan tidak dihapus secara permanen.

Berkat fitur tambahan  dari Microsoft Excel ini, maka  sistem untuk secara otomatis menyimpan file data di folder UnsavedFiles sebagai file spreadsheet biner Microsoft Excel.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file excel yang belum disimpan? Di sini editor akan memberikan rekomendasi berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Excel di laptop atau PC Anda.
  • Kemudian Anda menekan Buku Kosong
  • Nanti akan muncul lembar kerja kosong atau lembar kerja Excel.
  • Pada lembar kerja, klik menu File, lalu pilih menu Open → Recent Books → Recover Unsaved Books.
  • Nantinya kamu akan diarahkan ke folder UnsavedFiles. Semua file Excel yang Anda buat sebelumnya tetapi tidak disimpan akan muncul di folder ini.
  • Kemudian temukan file yang ingin Anda pulihkan atau buka dan klik “Buka”.
  • Nanti, file Excel yang tidak Anda simpan sebelumnya akan terbuka di lembar baru.
  • Anda dapat langsung menyimpan file Excel atau membuat perubahan untuk terus bekerja.
  • Selesai.

Penutup

Seperti, cukup sederhana bukan, bagaimana memulihkan file excel yang belum disimpan seperti yang dijelaskan oleh editor di atas?

Perhatikan bahwa metode ini berlaku untuk semua tahun atau versi Ms Excel mulai dari Microsoft Excel 2013, 2007, 2010, 2016 dan 2019.

Demikian informasi yang dapat editor berikan mengenai tips rumus-rumus Excel dan cara memulihkan file excel yang belum disimpan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.