Cara Mengirim File Besar Lewat WA Hingga 1GB

Jejakindo.com – Mau tau cara transfer atau kirim file besar lewat WA? Anda dapat melihat klarifikasi editorial di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, popularitas platform messaging ini sudah tidak diragukan lagi. Selain fungsi utamanya sebagai media pengiriman pesan, baik teks, audio maupun video, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen.

Banyak pengguna bertanya-tanya, terutama sebagai sarana untuk mengirim file atau dokumen, apakah WhatsApp dapat digunakan untuk mengirim file berukuran besar, seperti file yang lebih besar dari 100MB?

Untuk menjawab keingintahuan Anda apakah ini bisa dilakukan atau tidak, editor berikutnya telah menyiapkan artikel khusus yang membahas hal ini.

Bagaimana Cara Mengirim file berukuran besar melalui WA ?

Harap dicatat bahwa platform perpesanan WhatsApp saat ini membatasi ukuran file atau dokumen yang dapat dikirim melalui layanan mereka hingga 100MB.

Jika besar file yang ingin Anda kirim kurang dari 100 MB, Anda tetap bisa mengirimkannya melalui platform WhatsApp.

Namun, jika file yang ingin Anda kirim ke orang lain lebih besar atau lebih besar dari 100 MB, file tersebut tidak dapat dikirim.

Jadi, jawaban dari pertanyaan pada topik artikel ini, apakah mungkin mengirim file besar melalui WA? jawabannya ya jika ukuran filenya kurang dari 100 MB.

Lalu bagaimana jika ternyata ukuran file yang dikirim lebih besar dari 100 MB, misalnya 200 MB atau bahkan lebih?

Jangan khawatir jika ini masalahnya, editor memiliki tips tentang cara menyimpan file yang dikirim ke pengguna yang dituju. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca artikel dibawah ini.

Cara Kirim File Besar Lewat WA Hingga 1GB

Ada beberapa alternatif mengirim file berukuran besar ke pengguna WA lain yang bisa Anda lakukan.

Disini kita memang tidak bisa langsung memasukkan file tersebut ke dalam pesan WA, namun kita membutuhkan layanan pihak ketiga sebagai media untuk dapat mentransfer file dengan ukuran sebesar itu.

Layanan yang dimaksud editor adalah layanan dari Google Drive di mana pengguna dapat mengunggah dokumen hingga 50 GB secara gratis melalui Google Drive.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca dan pahami langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, unduh aplikasi Google Drive terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store. Tapi biasanya smartphone terbaru datang dengan aplikasi ini secara default.
  • Kemudian buka aplikasi Google Drive dan masuk dengan akun Google/Gmail Anda.
  • Setelah membuka aplikasi, ketuk tanda plus (+) di sudut kanan bawah.
  • Kemudian unggah atau unggah file/dokumen ukuran besar yang ingin Anda kirim.
  • Tunggu beberapa detik hingga file berhasil diunggah. Lamanya proses pengunduhan ini tergantung pada ukuran file serta koneksi internet Anda. Semakin besar file, semakin lama waktu yang dibutuhkan.
  • Jika file sudah terdownload, langkah selanjutnya adalah klik simbol tiga titik pada file yang didownload dan pilih “Copy Link”.
  • Buka WhatsApp dan Percakapan yang Dituju
  • Tempel tautan ke dalam pesan dan kirim pesan ke pengguna yang tepat.

Pada langkah selanjutnya, pengguna yang dituju membuka link Google Drive dan kemudian mendownload file yang dimaksud.

Selain menggunakan layanan dari Google Drive, Anda juga dapat menggunakan layanan serupa seperti DropBox, MediaShare dan lainnya karena cukup banyak layanan cloud storage yang dapat Anda gunakan saat ini.

Penutup

Maka artikel yang disampaikan oleh editor pada edisi kali ini membahas masalah pengiriman file berukuran besar melalui WA yang lebih besar dari 100MB.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.