Fungsi Reset Pada Ponsel yang Harus Anda Ketahui

Jejakindo.com – Anda mungkin sering mendengar atau membaca bahwa untuk memperbaiki segala macam kesalahan yang terjadi pada ponsel, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mereset perangkat. Itu benar? lalu apa sebenarnya fungsi reset handphone?

Anda harus menyadari bahwa melakukan reset perangkat berarti reset akan mengembalikan semua pengaturan pada perangkat ke pengaturan pabrik, seperti ketika Anda pertama kali membeli perangkat.

Dengan ini, semua data yang Anda miliki di perangkat juga akan dihapus, sehingga perangkat akan kosong tanpa data apa pun, seperti ponsel baru.

Oleh karena itu, meskipun cara ini cukup efektif untuk menghilangkan berbagai error yang terjadi pada ponsel, namun sebelum melakukan reset pada ponsel, sebaiknya pertimbangkan dengan matang, karena risiko kehilangan data sangat tinggi.

Oleh karena itu, biasanya sangat disarankan agar Anda membuat cadangan data terlebih dahulu sebelum mengatur ulang perangkat Anda agar data penting Anda tetap aman.

Fungsi Reset Pada Ponsel yang Harus Anda Ketahui

Setelah Anda memahami secara singkat apa itu reset ponsel dan risiko yang mungkin terjadi pada penjelasan di atas, redaksi memiliki informasi lain yang perlu Anda ketahui yaitu tentang fitur reset ponsel.

Seperti yang disebutkan oleh editor di awal artikel ini, menyetel ulang ponsel disarankan untuk menyelesaikan masalah bug pada perangkat.

Padahal masih banyak fitur reset lainnya dari ponsel ini. Berikut ulasan redaksi fitur reset Hp yang harus anda ketahui :

1. Menghapus Virus atau Malware

Fungsi yang jarang diketahui adalah untuk mereset ponsel, salah satunya untuk menghapus virus atau malware yang dapat menginfeksi perangkat.

Program Scan dengan aplikasi antivirus yang biasa kita gunakan dinilai kurang optimal, sehingga langkah yang cukup optimal  yang dilakukan untuk memastikan virus atau malware yang bersarang di ponsel kita bisa hilang adalah dengan cara reboot perangkat.

2. Tingkatkan kinerja perangkat

Kemudian melakukan reset pada smartphone akan mengembalikan kinerja perangkat menjadi normal dan lancar.

Dengan reboot atau mereset perangkat akan menghapus sepenuhnya pengaturan dan data data seperti cache dan cookies pada perangkat, dan hal ini  dangat berpengaruh terhadap  kinerja perangkat sehingga menjadi lebih lancar dari sebelumnya.Karena file file yang di nilai sebagai file sampah juga ikut terhapus lantaran hp atau samtphone kita sudah melalui program reset.

3. Mengatasi program yang erorr

Editor menyebutkan di awal artikel ini bahwa solusi yang tepat untuk memperbaiki semua kesalahan yang terjadi pada smartphone adalah dengan me-restart perangkat.

Dengan Melakukan reboot atau mereset  device kembali ke setelan default pabrik maka secara otomatis perangkat yang Anda gunakan dan menghapus semua erorr yang terjadi.

4. Membersihkan memori

Fungsi lain dari reboot perangkat smartphone ini  adalah untuk mengosongkan memori yang sudah penuh dengan file file sampah seperti cache browsing dan lain lain.

Sebab ketika memori suatu perangkat sudah penuh maka hal ini akan berpengaruh pada kinerja perangkat tersebut, sehingga kinerja perangkan akan menjadi lebih lambat. Jadi untuk mengembalikan performa, Anda bisa menghapus atau mengosongkan memori.

 

Perbedaan Antara Factory Reset Dengan Hard Reset

Ketika Anda membaca tutorial smartphone di situs web, Anda pasti menemukan istilah Hard Reset dan Factory Reset.

Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan  Hard Reset dan Factory Reset?

Lantas apa Perbedaan antara Hard Reset dan Factory Reset?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus terlebih dahulu membaca dan memahami artikel di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Factory Reset ?

Apa itu Factory resest atau reset pabrik ?

Secara umum, tujuan dari factory reset sama dengan hard reset, yaitu mengembalikan ke pengaturan semula.

Bedanya jika hard reset menggunakan kombinasi tombol untuk mengatur ulang pengaturan, hal ini dilakukan melalui menu pengaturan pada smartphone.

Factory reset ini pada umumnya dilakukan dengan cara masuk ke menu  Setting – Backup & Reset – Factory Data Reset – Reset Phone – Erase Everything.

Meskipun mungkin berbeda untuk setiap smartphone, secara umum langkah-langkahnya sama.

Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Hard Reset ?

Jenis reset pada smartphone yang harus Anda ketahui adalah Hard Reset. Ketika pengguna melakukan tindakan ini, biasanya ditujukan untuk mengembalikan pengaturan atau pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik, seperti ketika smartphone pertama kali dibeli.

Hard reset ini biassanya dilakukan dengan cara menggunakan kombinasi beberapa tombol pada smartphone ,dengan cara menekan kombinasi tiga tombol, yaitu tombol power, volume up, dan tombol home.

Penutup

Nah, sudah tahu kan perbedaan hard reset dan factory reset di smartphone? Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda lebih memahami dunia teknologi, khususnya smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published.