Ibu Hamil Wajib Tau ! Cara Memilih Aplikasi Kehamilan Yang benar

Jejak Indo – Kemajuan teknologi telah memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan informasi tentang kehamilan. Faktanya, ada banyak aplikasi kehamilan yang bagus saat ini, seperti Kehamilan+, Pelacak Kehamilan Ovia, dan Hallobumil. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratisĀ  di Google Play dan App Store.

Namun, dari sekian banyak opsi yang tersedia, aplikasi mana yang tepat untuk Anda? Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang aplikasi kehamilan. Kami akan menyajikan berbagai tips pemilihan aplikasi untuk mempertimbangkan rekomendasi aplikasi untuk ibu hamil.

Cara memilih aplikasi kehamilan

 

Sebelum Anda mengunduh aplikasi kehamilan, ada tiga cara yang bisa Anda perhatikan. Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan saat memilih aplikasi yang tepat untuk Anda.

Berikut 3 Cara Memilih Aplikasi Kehamilan :

 

1. Cari fitur aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih aplikasi kehamilan adalah fitur apa yang dimilikinya. Di bawah ini adalah 5 fitur yang biasa ditemukan di aplikasi untuk wanita hamil.

a. Perkembangan Janin

Ini adalah salah satu fitur paling populer di aplikasi kehamilan dan menggambarkan perkembangan janin. Fungsi ini memiliki representasi yang berbeda tergantung pada aplikasinya. Ada lampiran yang menggambarkan perkembangan janin dengan perumpamaan tentang ukuran janin. Ada juga aplikasi yang menggambarkan perkembangan janin menggunakan gambar nyata, seperti gambar janin 2D atau 3D.

Anda dapat memilih gambar yang ditawarkan oleh masing-masing aplikasi ini sesuai dengan preferensi visual Anda. Yang penting bisa mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin, baik dari segi ukuran maupun berat janin sesuai usianya.

b. Kontrol Kehamilan

Jika tanda sebelumnya menggambarkan perkembangan janin, maka tanda ini menggambarkan perkembangan kehamilan di pihak ibu. Fitur pemantau kehamilan ini melacak berat badan ibu setiap minggu kehamilan. Fitur ini membantu menjaga berat badan ibu dalam kisaran ideal, tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Fitur ini biasanya disertai dengan saran tentang apa yang harus dilakukan jika berat badan ibu melebihi kisaran yang diizinkan. Di sisi lain, beberapa aplikasi juga membantu merekam foto kehamilan ibu berdasarkan minggu.

c. Rekomendasi artikel, sebagai bahan informasi

Aplikasi kehamilan juga biasanya memiliki banyak artikel kehamilan yang direkomendasikan. Seperti : yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan , resep menu sehat untuk ibu hamil , olahraga yang harus dilakukan ibu hamil dan lain lain.

Artikel yang ditampilkan dalam aplikasi juga, tentu saja, artikel berkualitas yang dapat Anda percayai. Lain halnya dengan artikel dari internet yang harus Anda pilih terlebih dahulu, karena tidak semua isinya bisa dihitung. Namun, karena setiap kehamilan berbeda, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

d. Komunitas

Komunitas adalah sebuah fitur yang sudah disediakan oleh aplikasi agar ibu hamil dapat saling berbagi cerita dan berdiskusi. Namun, perlu dicatat bahwa setiap saran dan informasi yang diterima dari masyarakat harus diperiksa kembali. Jangan menyerap semua informasi di forum komunitas Anda.

e. Fitur Tambahan

Aplikasi kehamilan biasanya tidak terbatas pada pelacakan selama kehamilan. Banyak aplikasi juga menyediakan fitur tambahan terkait kehamilan, seperti pendaftaran menyusui dan depresi pascapersalinan.

Nah, bagi Anda yang mencari kepraktisan harus memiliki aplikasi ini dengan fitur tambahan. Dengan demikian, pencatatan Anda dari saat hamil dapat dilanjutkan hingga masa menyusui dan seterusnya. Banyak nasehat yang biasanya diberikan untuk merawat bayi sesuai dengan tahapan usianya. Ini akan sangat berguna bagi ibu baru.

2. Pilih desain aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda

Setiap aplikasi memiliki desain yang berbeda, mulai dari antarmuka pengguna, penyajian informasi, dan diakhiri dengan format entri data. Tentu saja, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal ini mengingat Anda akan menggunakan aplikasi untuk jangka waktu yang lama.

Cari desain aplikasi yang mudah digunakan dan sesuai dengan preferensi Anda. Dengan demikian, Anda akan senang menggunakannya. Melacak kehamilan Anda bisa dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Jika pada suatu saat diperlukan pelacakan untuk kondisi tertentu, Anda dapat memberikannya kepada dokter dengan detail lengkap.

3. Perhatikan Sumber Aplikasi

Asal penyedia aplikasi atau Sumber aplikasi akan mempengaruhi konten aplikasi. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan asal usul penyedia aplikasi tersebut. Manakah dari pengembang aplikasi lokal atau asing yang akan Anda pilih? Silahkan simak pertimbangannya di bawah ini.

Aplikasi untuk ibu hamil dari dalam negeri harus disertai dengan bahasa Indonesia. Petunjuk tersebut juga dikonsultasikan dengan dokter setempat. Isi artikel dan isinya juga dibuat sesuai dengan kondisi dan budaya masyarakat Indonesia. Tentunya hal ini akan lebih relevan bagi Anda yang berdomisili di Indonesia.

Di sisi lain, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi berbahasa Inggris buatan developer asing. Namun, biasanya pembahasan lebih mengarah pada budaya dan kondisi kehamilan ibu hamil di negara-negara Barat. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan ini, silakan gunakan aplikasi untuk wanita hamil dalam bahasa Inggris.

Nah, kalau sudah mengerti cara memilih aplikasi Kehamilan , Bumil Kan tidak perlu ragu ragu lagi untuk Memilih aplikasi kehamilan yang tepat untuk tracking kehamilan . Selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan banyak tips dan informasi bermanfaat selama kehamilan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi ibu hamil, terutama pada kehamilan pertama.

Selain pemilihan aplikasi yang nyaman, tetap gunakan aplikasi dengan bijak ya. Meski informasi yang diberikan sudah tervalidasi, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai status kehamilan Anda.