iPhone SE 2022 vs iPhone SE 2020, Apa Kelebihannya?

jejak IndoIPhone SE 2022 yang baru saja dirilis menjadi perbincangan di dunia maya. Banyak orang mengolok-olok iPhone murah generasi ketiga Apple karena masih memiliki desain dan warna yang sama dengan pendahulunya, iPhone SE 2020.

Bahkan, iPhone SE 2020 juga menggunakan desain yang sama dengan iPhone 8 yang diluncurkan lima tahun lalu. Satu-satunya perbedaan adalah lokasi logo Apple, yang tidak berada di tengah.

Lantas ? Tidak ada perbedaan, seperti halnya solusi warna yang diusulkan, hanya ada tiga warna, yaitu hitam, merah dan putih. Pilihan warnanya sama dengan iPhone 8, kecuali warna emas dengan pinggiran layar putih.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memberikan komentar miring tentang iPhone SE 2022. Selain dari sisi desain, fitur yang ditawarkan juga tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Kamera yang digunakan masih sama baik depan maupun belakang. Sistem keamanannya masih menggunakan Touch ID atau pemindai sidik jari sebagai pengganti pemindai layar FaceID.

Layar 4,7 inci juga masih menggunakan panel In-Plane Switching (IPS), yang sekali lagi sudah usang. Kapasitas baterainya kemungkinan besar tidak bertambah, sama seperti iPhone 8 dan iPhone SE 2020 1821 mAh.

VP(Vice President) of Worldwide iPhone Product Marketing Apple Kayann Drance mengatakan pada acara peluncuran virtual pada Rabu (3/9/2022) bahwa iPhone SE 2022 telah sangat meningkatkan fitur dibandingkan generasi sebelumnya, terutama di kamera.

“DI Tahun ini, kami siap meluncurkan iPhone SE yang kuat dan andal dengan masa pakai baterai yang lebih lama berkat A15 Bionic, chip yang sama dengan jajaran iPhone 13 dan dilengkpai dengan fitur kamera yang canggih seperti Smart HDR 4, Photography Styles, dan Deep Fusion . ” Ulasnya.

Selain itu, iPhone SE 2022 juga merupakan lini iPhone SE dengan dukungan jaringan 5G. Ponsel ini juga merupakan iPhone termurah yang mendukung jaringan telekomunikasi tercepat hingga saat ini.

IPhone SE 2022 dijual dengan harga mulai $ 429 atau sekitar Rs 6,2 juta di Rs. Kapasitas penyimpanan terkecil adalah 64 gigabyte, bukan 128 gigabyte seperti lini iPhone 13. Harganya tentu saja cukup murah untuk sebuah iPhone, apalagi perangkat tersebut mendukung jaringan 5G. Juga dikonfirmasi bahwa ponsel akan menerima dukungan pembaruan perangkat lunak hingga 2027.

Peninjau gadget komunitas Gadtorade, Lucky Sebastian, menilai iPhone SE 2022 adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mencoba ekosistem Apple tanpa menghabiskan banyak uang. Meski diejek, ia yakin produk tersebut diterima dengan baik oleh pasar.

“Menarik sekali  jika Anda  benar-benar masuk ke dalam  ekosistem Apple. Harganya murah untuk iPhone dan juga 5G. Tapi tentu saja pangsa pasarnya tidak terlalu besar mengingat layarnya kecil untuk ukuran saat ini,” kata Bisnis, Rabu (9/9/2020).

Menurut Lucky, masih ada orang yang mencari ponsel berukuran kompak yang bisa dioperasikan dengan satu tangan. Mereka tentu paham implikasinya, termasuk daya tahan baterai yang tidak sebaik karena kapasitasnya harus “dipotong”.

Berbicara soal performa iPhone SE 2022, di atas kertas tentu ada peningkatan yang cukup signifikan. Pasalnya, ponsel ini menggunakan chip terbaru yang juga digunakan pada seri iPhone 13 dengan segala kelebihannya.

“Untuk menguji ketahanan baterai dan fitur kamera, tentunya kita harus mencobanya secara langsung, kemudian kita bisa mengetahui dan menilai. Tapi di atas kertas jelas bahwa fitur  itu telah ditingkatkan. Untuk mereka yang menginginkan kinerja maksimal, ini mungkin bisa menjadi pilihan, ”katanya.

Kemudian, berbicara tentang desain yang ketinggalan zaman, Lucky mengatakan itu adalah upaya Apple untuk memangkas harga. Karena pengembangan desain baru tidak mudah dan membutuhkan biaya yang sangat tinggi.

“Biaya riset mahal. Untuk menempatkan sistem pendingin, baterai dan komponen lainnya mahal. Cara ini bisa membuat harga turun meski konsekuensinya sudah usang,” ujarnya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki iPhone lawas ini? Jika Anda mempertimbangkan iPhone berperforma tinggi dengan harga murah, iPhone SE 2022 mungkin menjadi pilihan yang layak.

Namun, Anda harus siap ditertawakan karena menggunakan ponsel lama yang sudah ketinggalan zaman. Jika itu tidak masalah, tunggu saja sampai iPhone SE 2022 resmi dijual di Indonesia.