Syarat Untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Jejak IndoSistem operasi Windows 11 baru saja mendapat dukungan yang memungkinkan Anda menjalankan sejumlah aplikasi Android di perangkat portabel atau komputer yang menjalankan operasi Windows 11.

Dengan pembaruan terbaru ini, pengguna perangkat Windows 11 dapat mengakses dan menjalankan lebih dari 1.000 aplikasi yang dibuat untuk Android.

Namun, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan dan menjalankan fitur ini.

Karena perlu Anda ketahui bahwa meskipun komputer atau laptop Anda sudah menjalankan sistem operasi Windows 11, tidak semua PC atau laptop Windows 11 dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Android.

Ada persyaratan perangkat tertentu agar aplikasi Android berjalan dengan lancar.

Apa saja persyaratannya? Berikut penjelasan lengkap tentang persyaratannya.

 

Syarat Untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Berikut spesifikasi minimal PC atau laptop agar bisa menjalankan aplikasi Android di perangkat Windows 11.

1. Kapasitas RAM

Disarankan untuk memiliki setidaknya 8 GB RAM pada perangkat yang akan menjalankan aplikasi Android ini.

Namun, agar lebih lancar dan stabil saat menjalankan berbagai aplikasi, RAM perangkat yang disarankan adalah 16GB.

2. Jenis memori penyimpanan

Selain itu, persyaratan untuk dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11 terkait dengan jenis memori yang digunakan pada perangkat.

Dimana untuk perangkat yang menjalankan Windows 11 harus memiliki penyimpanan SSD atau SSD.

Penyimpanan atau memory yang digunakan harus berupa SSD jenis ini, yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Android agar berjalan lebih cepat.

3. Prosesor (CPU)

Selanjutnya, bagian prosesor yang digunakan pada perangkat Windows 11 saat ingin menjalankan berbagai macam aplikasi Android harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

 

– Intel Core i3 generasi ke-8 atau lebih tinggi

– AMD Ryzen 3000 atau lebih tinggi

– Qualcomm Snapdragon 8c atau lebih tinggi

 

Selain jenis prosesor yang digunakan harus sesuai dengan standar yang disebutkan di atas, arsitektur prosesor itu sendiri harus x64 atau ARM64.

Jika prosesor yang digunakan di laptop atau komputer tidak memenuhi spesifikasi yang disarankan, maka tidak akan bisa menjalankan aplikasi Android.

Selain persyaratan perangkat keras atau hardware yang disebutkan di atas, pengguna yang ingin menjalankan berbagai aplikasi Android di Windows 11 juga harus mengaktifkan pengaturan Platform Mesin Virtual.

Sebagai catatan tambahan untuk Anda, aplikasi Android itu sendiri tidak dirancang untuk komputer atau laptop, dan bahkan aplikasi ini tidak dapat berjalan di sistem operasi Windows 11.

Jadi, saat menjalankan aplikasi Android di perangkat Windows 11, perangkat ini memerlukan virtualisasi dan emulator, serta memerlukan perangkat keras yang lebih kuat untuk menjalankan sistem.

Demikian informasi mengenai sejumlah persyaratan PC atau laptop Windows 11 yang akan menjalankan aplikasi Android.

 

Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows 11

 

Bagi Anda yang baru saja pindah ke sistem operasi Windows 11, editor berikut akan menjelaskan cara menampilkan ekstensi file di Windows 11.

Seperti yang kita ketahui, ketika kita ingin mencari sebuah file di komputer/laptop, terkadang kita bingung dengan jenis filenya, baik itu file gambar, video, dokumen atau jenis file lainnya.

Jadi untuk menemukan file yang tepat sesuai dengan yang kita inginkan kita akan sedikit dibatasi dan akan memakan waktu, bahkan mungkin salah klik pada file tersebut karena ekstensi file yang dimaksud tidak ditampilkan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini jejakindo.com akan memberikan tips bagaimana cara menampilkan file berekstensi khusus untuk Windows 11.

Biasanya, ekstensi file ini ditemukan di akhir nama file setelah titik (.). Misalnya, .docx untuk jenis file dokumen MS Word, .jpg untuk jenis file foto atau gambar, .exe untuk jenis file program, dan masih banyak lagi.

Secara default, biasanya ekstensi file di Microsoft Windows disembunyikan oleh sistem dan hanya menampilkan nama file.

Inilah yang terkadang membingungkan pengguna tentang jenis file yang ingin mereka buka.

Nah, untuk mengatasi kebingungan Anda, kali ini tim jejak indo telah menyiapkan cara untuk menampilkan ekstensi file di komputer atau laptop Anda.

Berikut caranya :

1. Pertama, buka menu File Explorer di perangkat Anda.
2. Kemudian klik “Lanjutan“, lalu pilih “Opsi”.
3. Sealnjutnya akan tampil Jendela informasi “Folder Option” .
4. Untuk menampilkan ekstensi file, kosongkan kotak centang pada “Hide extensions for known file types“.
5. Selanjutnya klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.

 

semoga bermanfaat !