Tips Merawat iPhone 12 Pro Max Supaya Tidak Cepat Rusak

Jejak Indo – Tidak seperti ponsel Android lainnya, iPhone 12 Pro Max membutuhkan perawatan yang mahal. Karena iPhone sendiri merupakan ponsel flagship yang harganya cukup mahal.

Rilisan terbaru HP dari pemasok Apple sendiri adalah iPhone 12 Pro Max. Untuk memperpanjang umur iPhone 12 Pro Max Anda, perawatan khusus diperlukan.

 

bagaimana cara merawat iPhone ?

 

Yuk, langsung simak tips merawat iPhone berikut ini agar lebih awet dan tidak cepat rusak :

 

1. Lindungi casing ponsel Anda dengan casing dan pelindung layar.

Tips pertama agar iPhone Anda awet adalah dengan menggunakan casing dan pelindung layar untuk melindungi casing HP Anda. Casing ini melindungi iPhone dari berbagai benturan, terutama saat terjatuh atau terbentur benda keras. Hal yang sama berlaku untuk layar pelindung.

Kaca tempered atau pelindung layar mengurangi risiko layar pecah atau retak saat terjatuh. Oleh karena itu, simpan ponsel Anda di tempat yang aman agar tidak terjatuh.

Jadi, untuk keamanan lebih, Anda bisa menggunakan pelindung tebal yang membungkus erat di sekitar pipa favorit Anda.

 

2. Silakan gunakan pengisi daya asli.

Ada banyak alasan mengapa pengguna iPhone disarankan untuk menggunakan charger atau charger asli. Ini diperlukan untuk menghindari korsleting dan menjaga keandalan baterai dan komponen iPhone.

Pengisi daya yang bodoh biasanya tidak memiliki jumlah arus yang tepat untuk perangkat Anda. Hindari juga pengisian daya menggunakan sumber daya rendah seperti bank daya atau port pengisi daya USB.

 

3. Jangan gunakan iPhone saat sedang diisi daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat menyebabkan korsleting. Selain itu, mengisi daya saat bermain game online yang cukup berat dapat berdampak negatif pada kinerja baterai iPhone Anda.

Performa baterai yang berlebihan dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas, yang mengakibatkan kualitas komponen iPhone menjadi lebih rendah. Dampak jangka panjangnya adalah baterai cepat habis atau rusak karena daya drop.

Oleh karena itu, matikan ponsel Anda saat mengisi daya agar baterai iPhone Anda bertahan lebih lama.

 

4. Isi daya baterai saat sudah mencapai 20%.

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga baterai iPhone Anda tetap sehat adalah dengan segera mengisinya saat baterai mencapai 20%. Anda juga disarankan untuk mengisi daya iPhone Anda hingga maksimum 80% daripada 100%.

Lepaskan casing pelindung saat mengisi daya untuk mengurangi panas iPhone Anda. Anda dapat memasang kembali kasing saat diisi dayanya.

 

5. Gunakan kecerahan otomatis dan mode daya rendah

Untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone Anda, gunakan pengaturan kecerahan otomatis. Pengaturan ini akan menyebabkan layar menyesuaikan kecerahan tampilan berdasarkan pencahayaan di dalam ruangan.

Biasanya di tempat gelap atau malam hari, layar ponsel akan meningkatkan kecerahan sehingga teks dan gambar di layar lebih jelas. Tip lain yang dapat Anda coba adalah menggunakan mode daya rendah untuk menghemat masa pakai baterai.

 

6. Selalu perbarui sistem iOS Anda ke versi terbaru.

Alasan mengapa vendor Apple sering memperbarui sistem iOS adalah untuk memperbaiki lubang keamanan yang terjadi dan mengoptimalkan kinerja iPhone Anda. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan update ke iOS versi terbaru agar smartphone Anda memiliki performa yang optimal dan tentunya tahan lebih lama karena tidak mudah rusak.

Jangan lupa untuk memperbarui sistem operasi iPhone Anda di App Store resmi. Ada banyak risiko keamanan data jika Anda tidak memperbarui dari App Store resmi Apple.

 

Baca Juga : iPhone SE 2022 vs iPhone SE 2020, Apa Kelebihannya?

 

7. Lindungi iPhone dari suhu tinggi dan air

iPhone sangat sensitif terhadap suhu yang terlalu tinggi, jadi hindari menggunakan ponsel ini terlalu lama di lingkungan yang panas. Temperatur yang tinggi juga menjadi alasan mengapa baterai iPhone cepat habis atau bahkan tiba-tiba mati.

Hindari penggunaan iPhone dalam waktu lama di bawah sinar matahari langsung. Jangan gunakan iPhone saat Anda berada di sauna, dan jangan letakkan iPhone di dasbor mobil yang sering terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Sebagai pengingat, meskipun iPhone tahan air, sebaiknya jauhkan dari air untuk mengurangi risiko kerusakan.

Ini karena Apple tidak menerima garansi pada iPhone yang rusak karena air. Terlebih lagi, semakin tua iPhone Anda, semakin tidak efektif pita pelindung atau perekatnya yang tahan air.

Jika ini terjadi, akan lebih baik jika Anda segera memperbarui ponsel ke seri iPhone terbaru.

 

8. Bersihkan iPhone Anda secara teratur

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga iPhone Anda awet dan tahan kerusakan adalah dengan rajin membersihkannya setiap beberapa minggu sekali. Selain membersihkan bagian luar atau bodi iPhone, juga membersihkan file sampah yang tertinggal di sistem iPhone.

Anda juga dapat memperbarui layar setiap hari untuk menjaga kinerja ponsel dan layar tetap mulus. Membersihkan iPhone Anda secara teratur akan membuat ponsel cerdas Anda terlihat bagus dan terlihat bagus.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membersihkan port pengisi daya atau speaker iPhone dengan sikat lembut untuk menjaga kualitas pengisian daya dan suara dari speaker ponsel tetap stabil.

Berikut beberapa tips merawat iPhone agar awet dan tidak cepat rusak. Ingat, lindungi ponsel Anda dari penyalahgunaan dengan menjatuhkan atau terendam air, karena garansi iPhone tidak mencakup hal-hal tersebut. Selamat merawat iPhone kesayangan Anda!